Mau Daya Ingat Kuat? Konsumsi 8 Makanan Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 16 Mei 2022
0 dilihat
Mau Daya Ingat Kuat? Konsumsi 8 Makanan Ini
Sejumlah makanan sehat yang dapat membantu memperkuat daya ingat. Foto: Repro klikdokter.com

" Otak adalah sebuah organ yang berada di kepala sebagai pengendali semua fungsi tubuh manusia "

KENDARI, TELISIK.ID - Otak adalah organ vital dan kompleks yang terdiri dari sejumlah jaringan dan miliaran sel saraf pendukung serta terhubung dengan sumsum tulang belakang.

Bersama dengan sumsum tulang belakang dan saraf, otak menjadi pusat perintah dan sistem saraf manusia.

Melansir halodoc.com, otak adalah sebuah organ yang berada di kepala sebagai pengendali semua fungsi tubuh manusia. Termasuk mengendalikan pergerakan, perasaan sensasi, dan pikiran.

Selain itu, otak juga membuat manusia bisa berpikir dan memecahkan masalah.

Untuk menjaga kesehatan otak agar daya ingat tetap kuat, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan tertentu.

Makan makanan yang sehat akan membuat kita tetap fit baik secara mental maupun fisik. Otak kita juga membutuhkan makanan bergizi yang mengandung cukup vitamin, lemak sehat, antioksidan dan nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan dan mempertahankan daya ingat kita. 

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut ini makanan untuk memperkuat daya ingat yang bisa Anda konsumsi sehari-hari:

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran seperti bayam, selada air, kubis dan brokoli adalah sejumlah makanan terbaik yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan daya ingat.

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan nutrisi dan mineral penting, termasuk kalsium, potasium, zat besi, dan vitamin (C, E, K, dan B kompleks).

Baca Juga: Hati-Hati, Banyak Rebahan Bisa Berdampak pada Otak dan Kesehatan

2. Kacang

Kacang adalah sumber makanan yang kaya vitamin E dan B6 bersama dengan asam lemak omega-3 dan omega-6. Ini juga dianggap sebagai antioksidan yang hebat dan memiliki nilai gizi yang tinggi.

Kacang ramah jantung dan juga membantu meningkatkan daya ingat Anda. Anda dapat memasukkan kacang-kacangan seperti almond, walnut, kacang mete, kacang Brazil dalam diet Anda. 

3. Gandum Utuh

Gandum utuh seperti pasta utuh, oatmeal, dan beras merah dapat menjadi bagian dari makanan biasa Anda karena kaya akan glukosa.

Makanan ini juga dapat menangkal risiko penyakit seperti diabetes, kanker, dan strokes. Selain itu, makanan ini juga membantu meningkatkan daya ingat.

 4. Kedelai

Minuman susu kedelai atau olahan makanan dari kedelai seperti tahu kaya akan zat seperti kolin, isoflavon, dan lesitin. Zat ini telah dikenal untuk memperlambat proses kehilangan memori dan meningkatkan fungsi kognitif. 

5. Buah Jeruk

Buah seperti alpukat , jeruk, grapefruits, dan lemon memperkuat mekanisme pertahanan diri tubuh Anda dan meningkatkan memori Anda. Ini juga kaya akan vitamin C dan nutrisi penting lainnya. 

6. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan super yang kaya akan asam lemak omega-3. Jika Anda tidak suka makan ikan, Anda juga bisa menggunakan kapsul minyak ikan. Ikan seperti herring, sarden, dan salmon dapat meningkatkan fungsi memori dan daya konsentrasi.

Hal ini juga dianggap bagus untuk pasien yang menderita demensia dan Alzheimer.

Baca Juga: Cegah Penuaan Dini, Hindari Kebiasaan ini Saat Sarapan

7. Berry

Buah berry adalah salah satu sumber flavonoid terkaya – antioksidan yang meningkatkan daya ingat. Anda bisa mengonsumsi blueberry untuk memberikan otak Anda kekuatan besar guna menghafal dan mengingat.

8. Cokelat Hitam

Kabar baik bagi pencinta cokelat, sebab cokelat hitam ini juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Cokelat hitam kaya akan antioksidan yang disebut flavonol yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Cokelat hitam juga mampu meningkatkan kewaspadaan dan fungsi memori. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga