Mau Maju Pilkada, Buktikan Dulu di Pileg

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 08 September 2022
0 dilihat
Mau Maju Pilkada, Buktikan Dulu di Pileg
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto meminta seluruh kader PDIP yang berkeinginan nyalon di pilkada, untuk lebih dulu ikut pileg. Foto: Musdar/Telisik

" Seluruh kader memiliki peluang yang sama untuk diusung di pilkada asal tingkat keterpilihan atau elektabilitasnya tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Kader PDIP yang berkeinginan nyalon di pilkada, diperintahkan untuk lebih dulu maju di Pileg 2024. Dalam waktu dekat ini, penjaringan bakal caleg PDIP sudah akan dibuka.

"Sesuai perintah Pak Sekjen, yang mau jadi calon kepala daerah maka buktikan dulu di pencalegan," ucap Wakil Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara, Agus Sana'a, Kamis (8/9/2022).

Agus Sana'a menjelaskan, seluruh kader memiliki peluang yang sama untuk diusung di pilkada asal tingkat keterpilihan atau elektabilitasnya tinggi.

Misalnya di Pilkada Kota Kendari, Ketua DPC PDIP Kota Kendari Ishak Ismail dan seluruh fraksi PDIP di DPRD Kota Kendari punya peluang yang sama untuk diusung.

Baca Juga: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Minta Kader Sulawesi Tenggara Tak Ikutan Sibuk Urus Pilpres

Perolehan suara di pileg nantinya, lanjut Agus Sana'a, dapat menjadi gambaran sejauh mana peluang kader untuk menang saat tarung di pilkada.

Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas pada rakorda Selasa (6/9/2022) mengataka, partai masih fokus di pileg. Pileg difokuskan karena pelaksanaannya lebih dulu ketimbang pilkada.

Baca Juga: Jokowi Lantik 5 Anggota DKPP Periode 2022-2027

Selain itu, jumlah kursi di DPRD yang diperoleh di Pileg 2024 menjadi acuan parpol untuk mengusung kadernya di pilkada.

Lukman telah meminta DPD dan DPC PDIP 17 kabupaten kota se-Sulawesi Tenggara untuk membuka penjaringan bakal caleg. Penjaringan ini dibuka hingga 30 September 2022. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga