Maya Nabila, Mahasiswi S3 Termuda ITB yang Usianya 21 Tahun

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
0 dilihat
Maya Nabila, Mahasiswi S3 Termuda ITB yang Usianya 21 Tahun
Maya Nabila, mahasiswi S3 termuda ITB yang usianya masih 21 tahun. Foto: Repro google.com

" Aku punya cita-cita ingin jadi dosen, aku ingin mengajar dan membagikan ilmu yang aku dapatkan selama kuliah di ITB ini. Aku juga berharap di instansi manapun nanti aku berada, aku bisa memberi pengaruh positif di sana. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dunia pendidikan tidak pernah habis dibicarakan. Kali ini, sosok anak muda meraih prestasi gemilang yang jarang diraih. Ia adalah Maya Nabila.

Melansir Liputan6.com, sosok Maya Nabila kini tengah menjadi sorotan publik. Bukan tanpa alasan, melainkan karena Maya Nabila menyandang status sebagai mahasiswi S3 termuda di Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Perempuan berusia 21 tahun ini mengambil program studi Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB.

Perempuan kelahiran Padang, 9 Mei 1999 ini ternyata memasuki jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) sejak usianya masih lima tahun. Maya Nabila menamatkan jenjang SMP dengan waktu yang normal, namun di tingkat SMA ia mengambil program akselerasi. 

Kemudian di tingkat perguruan tinggi, ia berhasil meraih gelar sarjananya kurang dari empat tahun. Bahkan hebatnya, ia menyelesaikan pendidikan S2 dengan waktu 2 tahun di ITB dengan beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Kemenristekdikti.

Baca juga: Masayoshi Son, Pendiri SoftBank yang Disebut Sebagai Angel Investor

Ia sempat memiliki kendala harus menyesuaikan pelajaran yang sebelumnya didapatkan saat mengambil studi sarjana pada Universitas Andalas Prodi Matematika.

Untuk saat ini, Ia menjadi mahasiswi termuda pada jenjang pendidikan Strata-3 (S3) ITB pada PMB ITB Tahun Akademik 2021/2022.

“Aku punya cita-cita ingin jadi dosen, aku ingin mengajar dan membagikan ilmu yang aku dapatkan selama kuliah di ITB ini. Aku juga berharap di instansi manapun nanti aku berada, aku bisa memberi pengaruh positif di sana,” ungkap Maya Nabila dilansir dari situs resmi ITB itb.ac.id.

Target Maya yang paling dekat saat ini adalah menyelesaikan S3 tepat waktu, lalu mencari pekerjaan. Selain ingin menjadi seorang dosen, Maya berharap mempunyai kesempatan atau kemampuan untuk mendirikan sekolah, khususnya bagi orang yang tidak mampu karena menurutnya pendidikan merupakan hal yang penting.

“Membangun karakter dan pola pikir itu penting dalam hidup, mungkin ada beberapa hal yang bisa dipelajari dari pendidikan nonformal, tetapi untuk hal tertentu seperti sosialisasi, sopan santun, perkembangan ilmu, dan teknologi bisa dibantu dengan menempuh pendidikan formal,” pesan Maya dilansir dari ayobandung.com. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga