Melonjak, Ini Tips Menghadapi Kasus Omicron

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 06 Februari 2022
0 dilihat
Melonjak, Ini Tips Menghadapi Kasus Omicron
Ilustrasi pemeriksaan varian Omicron. Foto: Repro BBC Magazine

" Varian Omicron memiliki sejumlah besar mutasi, beberapa di antaranya mengkhawatirkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Masyarakat dunia termasuk Indonesia, saat ini sedang berada pada kekhawatiran terhadap lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron.

Mengutip kompas.com yang melansir laman covid19.go.id, Omicron sudah terdeteksi di beberapa negara sejak pertama kali ditemukan di Benua Afrika. Varian ini disebut sebagai salah satu yang sangat cepat dalam menularkan virus.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, varian B.1.1.529 atau Omicron pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November 2021.

Varian Omicron memiliki sejumlah besar mutasi, beberapa di antaranya mengkhawatirkan.

WHO menjelaskan, bukti awal menunjukkan peningkatan risiko infeksi ulang dengan varian ini dibandingkan dengan variant of concern (VOC) lainnya.

WHO pun menetapkan varian Omicron sebagai VOC. VOC diartikan sebagai varian virus corona yang menyebabkan peningkatan penularan serta kematian dan bahkan dapat mempengaruhi efektivitas vaksin.

Meski lonjakan varian Omicron ini diketahui lebih cepat menular daripada varian terdahulu, tapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko penularannya.

Selain menjalani vaksinasi, ada beberapa langkah pencegahan lain yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi lonjakan varian Omicron seperti dikutip dari alodokter.com:

1. Selalu kenakan masker saat di luar rumah

Di tengah lonjakan varian Omicron, siapa pun harus selalu memakai masker saat di luar rumah. Hal ini karena memakai masker dengan benar dapat melindungi diri dari risiko tertular penyakit sekaligus menularkan penyakit ke orang lain.

Selain itu, gantilah masker jika sudah kotor atau rusak dengan masker yang baru.

2. Hindari bepergian jauh

Bila tidak ada keperluan mendesak, Anda sangat disarankan untuk menahan diri tidak bepergian ke negara atau daerah dengan transmisi penularan kasus Omicron yang tinggi.

Baca Juga: Yuk Deteksi Kanker Sejak Dini, Ini 4 Manfaatnya

Sebaiknya manfaatkan waktu luang di rumah bersama keluarga untuk saling menjaga dan mengurangi risiko penularan varian Omicron.

3. Olahraga secara rutin

Rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik selama minimal 30 menit setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda pun bisa kuat melawan paparan virus Corona.

Tak hanya itu, mencukupi waktu tidur, menghentikan kebiasaan merokok, dan membatasi konsumsi minuman beralkohol turut membantu dalam menjaga imunitas tubuh.

4. Penuhi asupan gizi seimbang

Memenuhi asupan gizi seimbang tentunya diperlukan agar tubuh tetap fit dan terhindar dari beragam penyakit, termasuk COVID-19. Arti dari asupan gizi seimbang adalah konsumsi makanan dan minuman yang mengandung beragam nutrisi dalam jumlah yang sesuai kebutuhan.

Jadi, ketika Anda mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, jangan lupa untuk menambahkan lauk pauk berupa sumber protein hewani atau nabati, seperti daging ayam atau tempe.

Baca Juga: Suka Mandi Pagi Pakai Air Dingin? Ini 5 Manfaatnya

Selain itu, tambahkan pula beragam jenis sayuran serta buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

5. Konsumsi buah tinggi vitamin C

Vitamin C diketahui memiliki peran penting dalam memperkuat daya tahan tubuh. Untuk memperoleh khasiatnya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dengan vitamin C tinggi, seperti jeruk, mangga, pepaya, dan kiwi.

Selain itu, jambu biji juga dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik, bahkan kandungan vitamin C-nya lebih tinggi daripada buah lainnya. Anda dapat mengonsumsi jambu biji secara langsung setelah dibersihkan atau diolah menjadi jus. Anda pun dapat mengonsumsi jus jambu biji kemasan yang lebih praktis dan higienis. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga