Memanas, Jalur Gaza Digempur Israel Lewat Udara

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 19 April 2022
0 dilihat
Memanas, Jalur Gaza Digempur Israel Lewat Udara
Ilustrasi serangan udara di Jalur Gaza. Foto: Repro AFP

" Israel kembali melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan terakhir "

TEL AVIV, TELISIK.ID - Jalur Gaza di Palestina yang dikuasai kelompok Hamas kembali mendapat serangan dari Israel lewat udara.

Mengutip detik.com, Israel kembali melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan terakhir.

Serangan udara ini dilakukan usai serangan roket yang ditembakkan dari Gaza, di tengah ketegangan yang meningkat usai bentrokan akhir pekan di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Seperti dilansir AFP, Selasa (19/4/2022), suara sirene meraung-raung di wilayah Israel bagian selatan pada Senin (18/4/2022) malam waktu setempat, setelah roket ditembakkan dari wilayah Gaza yang dikuasai kelompok Hamas.

Insiden tersebut merupakan yang pertama sejak awal Januari lalu.

Proyektil yang ditembakkan dari Gaza itu dilaporkan jatuh ke lepas pantai Tel Aviv.

Baca Juga: Bakar Al-Quran, Aksi Pimpinan Partai Ini Picu Gelombang Protes

"Satu roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel. Roket itu dicegat oleh Sistem Pertahanan Udara Iron Dome," ujar militer Israel dalam pernyataannya.

Beberapa jam kemudian, Angkatan Udara Israel menyatakan pihaknya telah menggempur lokasi pabrik senjata Hamas sebagai balasan.

Sejauh ini belum ada kelompok di Gaza yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan roket yang ditembakkan ke Israel itu.

Namun Israel diketahui selalu menyalahkan Hamas atas setiap serangan yang dilancarkan dari wilayah Gaza.

Dalam pernyataannya, Hamas mengklaim telah menggunakan 'pertahanan antipesawat' miliknya untuk menangkal serangan udara Israel.

Baca Juga: 3 WNI Jadi Korban Kapal Tanker Minyak Meledak di Hong Kong

Menurut saksi mata dan sejumlah sumber keamanan di Gaza, tidak ada laporan korban jiwa akibat serangan Israel tersebut.

Serangan roket dari Gaza dan gempuran Israel ini diketahui terjadi setelah rentetan serangan melanda Israel dan bentrokan pecah di kompleks Masjid Al-Aqsa pada akhir pekan lalu.

Warga Palestina merah atas kunjungan berulang oleh warga Yahudi, yang diizinkan masuk ke kompleks itu namun dilarang berdoa.

Dalam peringatan pada Minggu (17/4/2022) waktu setempat, Hamas menegaskan bahwa 'Al-Aqsa milik kami dan hanya milik kami' dan bersumpah untuk membela hak-hak warga Palestina beribadah di kompleks tersebut. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga