Memindahkan Chat WhatsApp dari Ponsel Lama ke Baru Kini Lebih Mudah

Muhammad Adhiatma Hidayat , telisik indonesia
Jumat, 27 Januari 2023
0 dilihat
Memindahkan Chat WhatsApp dari Ponsel Lama ke Baru Kini Lebih Mudah
WhatsApp akan merilis fitur memindahkan data chat yang lebih cepat dari sebelumnya. Foto: Repro Acer Commercial

" Dengan adanya fitur ini, dapat membuat pengguna mentrasfer data chat tanpa perlu adanya backup dan restore ke google drive "

KENDARI, TELISIK.ID - Aplikasi WhatsApp saat ini diketahui bakal menyiapkan fitur transfer data chat mereka yang terbaru yang dikabarkan bakal lebih mudah dari biasanya.

Seperti diketahui, saat ini jika pengguna ingin memindahkan data WhatsApp dari ponsel lama ke ponsel baru, pengguna terlebih dulu harus melakukan backup ke google drive lalu melakukan restore chat pada ponsel baru agar semua riwayat percakapan berpindah.

Tentu saja dengan melakukan hal tersebut proses pemindahan data akan memakan waktu lebih lama yang belum lagi didukung dengan banyak chat yang mesti dipindahkan serta dengan dukungan dari koneksi internet yang belum tentu memadai.

Seperti yang dilansir dari Kompas.com pada Kamis (26/1/2023), dengan adanya fitur ini, dapat membuat pengguna mentrasfer data chat tanpa perlu adanya backup dan restore ke google drive.

Untuk menggunakan fitur ini nantinya, pengguna hanya cukup melakukan scan barcode untuk memindahkan semua chat.

Baca Juga: Simak, Ini Fitur-Fitur Terbaru WhatsApp yang Perlu Kamu Ketahui

Mengutip dari WABetaInfo dari halaman Kompas.com, dalam laporannya menyebutkan bahwa WhatsApp akan menghadirkan fitur transfer tersebut pada aplikasi WA beta versi 2.23.2.7.

Untuk pengembangan dari fitur ini sendiri baru bisa digunakan hanya oleh pengguna android, sedangkan untuk pengguna iOS masih belum diketahui lebih lanjut.

Selain itu mengenai adanya fitur terbaru dari aplikasi tersebut telah mendapatkan tanggapan dari salah satu warga Kota Kendari yang juga pengguna aplikasi WhatsApp, Hafiad. Ia mengatakan bahwa dengan adanya fitur tersebut dapat memudahkan pengguna WhatsApp untuk memindahkan chatting pengguna.

"Dari kelebihannya sendiri, fitur ini memudahkan pengguna WhatsApp untuk mentransfer chat tanpa perlu adanya backup dan restore ke google drive, sehingga jadi lebih cepat dipindahkan datanya," ujar Hafiad.

Hal tersebut juga mendapat tanggapan baik dari salah satu mahasiswa Teknik Informatika Universitas Halu Oleo Kendari, Laode Zahirul Hikmah.

Baca Juga: Simak 8 Fitur Baru WhatsApp di Bulan Ini

"Tentang fitur WhatsApp ini mungkin sangat bagus apalagi tidak memerlukan waktu yang lama untuk memindahkan data, bisa kita lihat fitur yang masih menggunakan google driver butuh waktu lama untuk melakukan backup ditambah jaringan lambat loading, belum lagi untuk mengaktifkan WhatsApp dan mengembalikan chat-chat yang pernah kita simpan di google drive sebelumnya," ujar Laode Zahirul Hikmah.

Mengenai tanggal perilisan dari fitur transfer data WhatsApp ini sendiri, WABetaInfo menulis bahwa fitur tersebut tengah dalam tahap pengembangan.

"Fitur transfer data tengah dikembangkan dan tanggal perilisannya belum diumumkan," tulis WABetaInfo. (A)

Penulis: Muhammad Adhiatma Hidayat

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga