Menag Lantik Enam Rektor Baru PTKN, Termasuk IAIN Kendari

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 16 Juni 2023
0 dilihat
Menag Lantik Enam Rektor Baru PTKN, Termasuk IAIN Kendari
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas lantik enam rektor baru PTKN periode 2023-2027. Foto: Ist.

" Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas melantik enam rektor baru perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKN) periode jabatan 2023 hingga 2027 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas melantik enam rektor baru perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKN) periode jabatan 2023 hingga 2027, Jumat (16/6/2023).

Dilansir dari Kemenag.go.id, prosesi pelantikan, pengambilan sumpah janji jabatan dan penandatanganan berita acara digelar di Ruang OR Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta.

Turut menjadi saksi Sekretaris Jenderal Nizar dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam M. Ali Ramdani. Dalam arahannya, Menag meminta PTKN untuk bersiap menyongsong Indonesia Emas 2045 yang menjadi tema Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

“Agenda besar RPJPN 2025-2045 adalah juga pekerjaan rumah PTKN. Di berbagai belahan dunia, perguruan tinggi adaah tolak ukur kemajuan sebuah bangsa,” kata Menag Yaqut, Jumat (16/6/2023).

Baca Juga: Mengenal Rektor Baru IAIN Kendari, Sosok Penjual Jagung Rebus yang Ulet

Ia menambahkan, PTKN jelas menjadi tumpuan dalam RPJPN 2025-2045. Bukan hanya menyiapkan SDM yang profesional dan siap kerja, namun juga memiliki wawasan kebangsaaan yang moderat.

Husain dilantik jadi rektor baru IAIN Kendari periode 2023-2027. Foto: Ist.

 

Transformasi PTKN menuju perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN BH), menurut Menag, menjadi agenda yang harus dilakukan dalam rangka mewujudkan hal tersebut.

Menag juga mengingatkan, PTN BH selain amanat UU, juga menjadi keniscayaan menghadapi percaturan global yang semakin dinamis.

“Saya berharap para pimpinan PTKN memahami secara menyeluruh visi RPJPN ini, menjadi tulang punggung Kementerian Agama melaksanakan pembangunan nasional bidang agama yang holistik dan menyeluruh,” pesan Menag.

Ia pun meminta para pejabat yang dilantik untuk segera melaksanakan tugas-tugasnya. Yaqut menegaskan, sesaat setelah dilantik, para rektor baru segera lakukan konsolidasi, perkuat organisasi agar tercipta akselerasi program.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, para Pejabat Eselon I Kemenag, Staf Khusus, Staf Ahli, dan Tenaga Ahli Menteri Agama.

Adapun daftar nama Rektor yang dilantik, sebagai berikut:

1. Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, M.A sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa.

2. Dr. Husain Insawan, M.Ag sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Qaimuddin Kendari.

3. Dr. Ahmad Rajafi, M.H sebagai Rektor Institut Agama Islam Manado.

4. Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, S.H.I., M.H.I sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.

5. Dr. Abbas Langaji, S.Ag., M.Ag., seebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Palopo.

6. Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd., sebagai Rektor Institut Agama Kristen Negeri Manado.

Dikutip dari Kumparan.com, Husain mengatakan, jabatan rektor yang baru diembankan kepadanya merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Baca Juga: Rektor IAIN Kendari Ditunjuk Menag Pantau Kualitas Pelayanan Haji di Arab Saudi

"Insya Allah saya akan mewakafkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mengembangkan IAIN Kendari sebagaimana yang kita cita-citakan bersama menjadi kampus yang unggul, moderat dan visioner serta memiliki daya saing tinggi dengan menerapkan kepemimpinan kolaboratif dan koordinatif. Semua ini bisa terwujud dengan dukungan semua unsur civitas akademika," ucapnya.

Husain merupakan Rektor IAIN Kendari ketiga setelah Nur Alim, dan Faizah Binti Awad. Karirnya di IAIN Kendari dimulai pada tahun 1998 sebagai dosen Bahasa Arab pada Jurusan Tarbiyah.

Karirnya terus berlanjut hingga menjadi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan selama dua periode sejak alih status STAIN Kendari menjadi IAIN Kendari.

Husain dilantik menjadi rektor setelah menjalani fit and proper test pada pekan lalu. Dalam kepemimpinannya, Husain mengusung visi melanjutkan program IAIN. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga