Menang 11 Suara, Nur Rahman Umar Berpeluang Pimpin Partai Demokrat Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 08 Juli 2022
0 dilihat
Menang 11 Suara, Nur Rahman Umar Berpeluang Pimpin Partai Demokrat Kolaka Utara
Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH (kiri) bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Jumardin, SE (kanan) hadir dalam Muscab ke-IV pemilihan Ketua DPC Partai Demokrat Kolaka Utara. Foto: Ist

" Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH berpeluang besar menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kolaka Utara usai meraih dukungan 11 suara atas rivalnya Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Jumardin, SE yang hanya meraih 5 suara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH berpeluang besar menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kolaka Utara usai meraih dukungan 11 suara atas rivalnya Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Jumardin, SE yang hanya meraih 5 suara.

Dukungan suara hasil verifikasi pemilihan calon Ketua DPC Partai Demokrat tersebut di raih dua politisi Demokrat ini melalui Musyawarah Cabang (Muscab) kedua yang digelar di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (7/7/2022).

Sekertaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Kolaka Utara, Basman saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon membenarkan raihan suara Bupati Kolaka Utara atas Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tenggara.

"Saya tidak berada di lokasi Muscab, tapi informasi yang saya dapat dukungan suara DPAC Demokrat Kolaka Utara itu hampir semua ke bapak Bupati, yakni 10 suara di tambah satu suara DPC jadi total 11 suara," katanya.

Terlepas dari suksesi tersebut, salah satu kader terbaik Partai Demokrat Kolaka Utara ini berharap siapapun yang jadi Ketua DPC dapat merangkul semua kader partai.

"Sesuai semboyan partai "bersama kita kuat bersatu kita bangkit" saya berharap semoga ketua terpilih nanti mampu membawa Partai Demokrat berjaya seperti tahun 2019 lalu," harapnya.

Menurut Pelaksana Tugas Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Partai Demokrat Kecamatan Ngapa, Dhonal Paetrick bahwa dukungan suara Bupati Kolaka Utara terdiri dari, DPAC Kecamatan Wawo, Kecamatan Ranteangin, Kecamatan Lambai, Kecamatan Lasusua, Kecamatan Kodeoha, Kecamatan Ngapa, Kecamatan Watunohu,  Kecamatan Pakue, Kecamatan Pakue Utara, dan Kecamatan Batu Putih.

"Sementara sisanya lima kecamatan mendukung H. Jumardin," ucapnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan dengan kelarnya Muscab Demokrat hari ini, maka tidak ada lagi kisruh ditubuh DPC Demokrat Kolaka Utara.

"Kita semua adalah kader-kader terbaik Partai Demokrat yang siap bersinergi membangun Partai lebih besar lagi di tahun-tahun akan datang," tukasnya.  

Sementara itu, Ketua Demisioner DPC Partai Demokrat Kolaka Utara, Surahman, S.Ag mengungkapkan, hasil Muscab Ke-IV untuk Ketua DPC Kolaka Utara dimenangkan H. Nur Rahman Umar dengan 10 dukungan suara DPAC dan 1 suara DPC, .

"Jadi totalnya 11 suara, sementara H. Jumardin hanya memperoleh 5 suara dari DPAC," jelasnya melalui WhatsApp.

Selanjutnya, kata dia, hasil Muscab itu  diserahkan ke tingkat DPP Partai Demokrat untuk di verifikasi dan kembali dilakukan pemilihan, yang memilih 3 orang pengurus DPP, yakni Ketua Umum, Sekertaris Jenderal, dan Kepala BPOKK, serta 2 orang pengurus DPD, yaitu Ketua DPD dan Sekertaris Jenderal DPD.

"Gabungan suara DPP dan DPD tersebut disebut dengan istilah tim 5, mereka inilah nanti yang menentukan siapa ketua terpilih secara definitif untuk menahkodai DPC Partai Demokrat Kolaka Utara 5 tahun ke depan. Insyaallah dalam minggu ini hasilnya sudah bisa diketahui," bebernya.

Baca Juga: Waktu Pengecekan Surat Suara Pilkades Bubu Barat Belum Bisa Ditentukan

Mantan anggota DPRD Kolaka Utara periode 2014-2019 ini berharap, di tingkat DPP Bupati Kolaka Utara dapat terpilih karena menurutnya, Nur Rahman terbukti mampu membesarkan Partai Demokrat di Kabupaten Kolaka Utara dengan perolehan 8 kursi di DPRD.

"Kami menilai pak Bupati sosok kader terbaik, militan, dan mempunyai basis suara yang cukup besar," ucapnya.

Sebelum, Surahman di Muscab pertama kembali mencalonkan dirinya sebagai Ketua DPC untuk yang ketiga kalinya, namun Muscab kedua ia  memilih mundur dan menyerahkan ke Bupati Kolaka Utara.

Baca Juga: DPC Demokrat: Bupati Kolaka Utara Kader Istimewa Partai

Hal itu dilakukan, karena menurutnya partai berlambang mercy itu kedepannya jauh lebih besar jika di pimpin tokoh militan seperti Bupati Kolaka Utara.

"Tidak bisa dipungkiri kalau pak Nur Rahman Umar memiliki pengaruh cukup besar di Kolaka Utara dan ini modal utama partai dalam menyongsong Pilcaleg 2024 mendatang," pungkasnya.

Diketahui, Muscab kedua ini diikuti 15 DPAC di 15 Kecamatan serta seluruh pengurus DPC Kabupaten Kolaka Utara. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga