Menang di 10 Daerah, Golkar Jatim Sebut Pilkada 2020 Istimewa

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 11 Desember 2020
0 dilihat
Menang di 10 Daerah, Golkar Jatim Sebut Pilkada 2020 Istimewa
Muhammad Sarmuji, Ketua Golkar Jatim. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Saat ini Partai Golkar tidak memiliki satupun kader bupati yang proses pilkadanya diusung oleh Partai Golkar. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ketua Golkar Jatim Muhammad Sarmuji mengatakan, pelaksanaan Pilkada serentak yang baru saja bergulir, bagi Golkar Jatim sangat istimewa.

Hal ini dikarenakan partainya telah berhasil mengantarkan sejumlah pengurus dan kadernya memenangi Pilkada di 19 daerah di Jatim.

“Saat ini masih terpantau 9 daerah, namun jika di Sidoarjo yang saat ini masih saling klaim menang tipis, maka kemenangan Partai Golkar dalam Pilkada serentak genap 10 daerah,” ungkapnya saat dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (11/12/2020).

Pria kelahiran Surabaya tahun 1974 yang juga anggota DPR RI ini mengungkapkan, yang menggembirakan adalah kemenangan kader Partai Golkar baik yang menjabat di struktur maupun kader yang masuk sebelum Pilkada dilakukan.

“Dari kader yang ada di struktur Partai Golkar memiliki tambahan satu bupati dan dua wakil bupati. Dari kader yang baru masuk mendapatkan tambahan 2 bupati,” jelas alumni Unej ini.

Kesuksesan kadernya memenangi Pilkada tersebut, bagi Golkar Jatim, kata Sarmuji, kabar yang sangat menggembirakan.

Baca juga: Partai Perindo Yakin Menang Pilkada Empat Kabupaten di Sultra

“Saat ini Partai Golkar tidak memiliki satupun kader bupati yang proses pilkadanya diusung oleh Partai Golkar,” jelasnya.

Sarmuji lalu membeberkan beberapa kadernya yang memenangkan Pilkada antara lain Aditya Halindra Faridzki  (Calon Bupati Tuban), Adi Wibowo (Calon Wakil Wali Kota Pasuruan), Gagarin (Calon Wakil Bupati Pacitan).

“Sedangkan untuk calon bupati yang awalnya berangkat dari Golkar yaitu Yuhronur Efendi (Calon Bupati Lamongan) dan Fandi Akhmad Yani (Calon Bupati Gresik),” tutupnya.

Dari data DPP Partai Golkar, partai berlambang pohon beringin ini secara nasional telah memenangi Pilkada kabupaten/kota se-Indonesia antara lain di Sumatera Utara menang di 17 dari 23 daerah, di Jambi menang empat dari enam daerah, di Sumatera Selatan menang di lima dari tujuh daerah, di Bengkulu menang di delapan dari sembilan daerah, di Bangka Belitung menang di dua dari empat daerah, serta di Lampung menang di empat dari delapan daerah Pilkada.

Kemudian di Jawa Barat menang di empat dari delapan daerah, di Banten menang di tiga dari empat daerah, di Jawa Tengah menang di 18 dari 21 daerah, di Jawa Timur menang di 10 dari 19 daerah, di Kalimantan Barat menang di lima dari tujuh daerah, di Kalimantan Timur menang di enam dari sembilan daerah, di Kalimantan Selatan menang di tiga dari delapan daerah, di Kalimantan Tengah menang di satu dari dua daerah, dan di Kalimantan Utara menang di tiga dari lima daerah. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga