Menantang Uji Adrenalin, Wisata Arum Jeram Sungai Pekalen Probolinggo Banjir Pengunjung

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 06 Juni 2021
0 dilihat
Menantang Uji Adrenalin, Wisata Arum Jeram Sungai Pekalen Probolinggo Banjir Pengunjung
Wisatawan arum jeram sungai pekalen. Foto: Yudhie/Telisik

" Wisata arum jeram di sungai Pekalen Desa Asinan kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, merupakan destinasi wisata yang menjadi kebanggaan bagi warga Jawa Timur (Jatim). "

SURABAYA, TELISIK.ID - Wisata arum jeram di sungai Pekalen Desa Asinan kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, merupakan destinasi wisata yang menjadi kebanggaan bagi warga Jawa Timur (Jatim).

Sungai Pekalen ini merupakan sungai perpaduan antara sungai yang mengalir dari hulu gunung Lemongan dan gunung Argopuro.

Di wisata arum jeram Pekalen tersebut, sensasi luar biasa dengan obyek andalan kondisi jeram sungai yang menantang terlebih untuk menaklukkan gua kelelawar dan air terjun tirai bidadari.

“Begitu kita arungi sungai, akan disambut dengan jeram selamat datang, terus jeram stres, dan jeram matador. Di tiga jeram tersebut, wisatawan akan merasakan derasnya jeram yang terjal, sehingga banyak wisatawan merasakan ketegangan namun gembira," jelas Rofik Hardian, salah satu wisatawan wisata arum jeram sungai Pekalen, Minggu (6/6/2021).

"Begitu juga ketika masuk ke dalam gua kelelawar, di mana pengunjung bisa merinding karena di atasnya banyak kelelawar bergelantungan,” sambungnya.

Baca juga: Tunggakan Insentif Nakes COVID-19 di Muna Capai Rp 6,8 Miliar

Baca juga: Daftar Tunggu CJH Kolaka Utara Lebih dari 3.600 Orang

Pria yang juga berprofesi jurnalis ini mengatakan, yang mempesona bagi wisatawan ketika masuk ke dalam air terjun tirai bidadari.

“Wisatawan bisa langsung dibawah air terjun dan masuk ke dalam guanya. Sangat menyenangkan dan bisa menjadi hiburan untuk melepas Lelah,” jelas pria asal Surabaya ini.

Sementara itu, pengelola Pekalen Rafting, Imam Santoso mengatakan, air terjun Tirai Bidadari menjadi salah satu ikon andalan di tempat wisata ini.

"Air terjun Bidadari itu yang tidak dimiliki tempat-tempat lain. Kedua, tentu karena di sini juga sungainya permanen, sehingga sepanjang tahun bisa digunakan. Mungkin di tempat lain kalau sudah musim kemarau itu sudah tidak bisa beroperasi, di sini sepanjang tahun masih bisa digunakan," katanya.

Selain arung jeram, di sungai Pekalen, kata Imam ini juga menawarkan destinasi wisata lainnya, seperti danau Ranu dan pemandian air panas di lereng gunung Argopuro.

”Dengan indahnya wisata alam yang banyak di Probolinggo ini, kami berharap Dinas Pariwisata Jatim diminta aktif promosikan tempat wisata di Jatim yang sudah buka lagi,” tutupnya. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga