Mendag Ungkap Surplus Neraca Perdagangan Indonesia Meningkat 58,9 Persen

Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 19 Oktober 2022
0 dilihat
Mendag Ungkap Surplus Neraca Perdagangan Indonesia Meningkat 58,9 Persen
Mendag, Zulkifli Hasan, ungkap surplus neraca perdagangan Indonesia meningkat 58,9 persen. Foto : VOI

" Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyampaikan surplus neraca perdagangan Indonesia pada periode Januari-September meningkat 58,9 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyampaikan surplus neraca perdagangan Indonesia pada periode Januari-September meningkat 58,9 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Surplus Indonesia mencapai 39,87 miliar Dolar AS, naik 58,8 persen dibanding periode yang sama tahun 2021.

"Ekspor nonmigas tercatat sebesar 207,19 miliar Dolar AS atau naik 33,21 persen dibanding tahun 2021 yang lalu,” kata Ketua Umum PAN ini di BSD, Tangerang (19/10/2022).

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Jakarta Ketemu Erick Thohir, Bahas Integrasi Transportasi Umum

Ia menuturkan untuk mendukung pertumbuhan ekspor, Pemerintah Indonesia terus berupaya membuka akses pasar di negara-negara mitra melalui perjanjian perdagangan serta pengiriman misi dagang.

Selain itu, pemerintah juga tengah fokus mengembangkan potensi perdagangan di pasar nontradisional.

“Ke depan, kami akan lebih fokus menggarap pasar nontradisional. Untuk mengatasi perlambatan ekonomi dunia, kita fokus menggarap pasar nontradisional,” kata Zulkifli.

Baca Juga: MER-C Apresiasi Kebijakan Australia Tarik Pengakuan Yerusalem Ibu Kota Israel

Mendag mengungkapkan, dalam pelaksanaan TEI ini akan dilakukan penandatanganan sejumlah komitmen pembelian antara para eksportir dengan mitra dagangnya.

“Hari ini sudah ada [penandatanganan] kontrak satu 1,5 miliar Dolar AS. Jadi pameran belum buka kita sudah kontrak 1,5 miliar Dolar AS. Oleh karena itu, kami dari Kementerian Perdagangan yakin selesai pameran ini mudah-mudahan kita bisa dapat kontrak dari hasil expo ini mudah-mudahan kita bisa mencapai 10 miliar Dolar AS," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto. Ia mengungkapkan ekspor Indonesia pada September 2022 mencapai US$ 24,80 miliar, tumbuh 20,28% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

"Impor pada September 2022 mencapai US$ 19,81 miliar," ungkap Setianto. (C)

Penulis: Marwan Azis

Editor: Kardin

Baca Juga