adplus-dvertising

Mendagri Ambil Alih Pelantikan Pj Bupati Muna Barat dan Buton Selatan?

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 25 Mei 2022
5573 dilihat
Mendagri Ambil Alih Pelantikan Pj Bupati Muna Barat dan Buton Selatan?
Pj Bupati Muna Barat, Bahri yang ditunjuk Mendagri, Tito Karnavian. Foto: Ist.

" Santer beredar kabar, pelantikan Pj Bupati Muna Barat dan Buton Selatan akan dilakukan oleh Mendagri, Tito Karnavian, di Jakarta "

MUNA, TELISIK.ID - Pelantikan penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri dan Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman terus berpolemik, lantaran Gubernur Sultra Ali Mazi belum mau melakukan pelantikan dengan berbagai alasan.

Kabar pun beredar, pelantikan kedua Pj bupati itu akan diambil alih oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendari). Kedua Pj itu bakal dilantik langsung oleh Mendagri, Tito Karnavian.

"Pelantikan Pj Muna Barat dan Buton Selatan akan dilakukan di Jakarta," kata salah satu sumber terpercaya yang identitasnya minta tidak ditulis, Rabu (25/5/2022).


Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Muna Barat, Muhamad Fajar Fariki yang dikonfirmasi belum mendapat kepastian pelantikan Pj bupati akan dilakukan di Jakarta.

"Belum ada informasi, kita masih terus menunggu," kata Fajar.

Juru bicara Pemkab Mubar itu mengaku, bila pelantikan diambil alih oleh Kemendagri tidak jadi soal, karena merupakan kewenangannya.  

"Kita berharap secepatnya dilantik, agar proses pemerintahan bisa berjalan normal," pintanya.

Baca Juga: Soal Polemik Pj, Mendagri Diminta Berkunjung di Buton Selatan

Sementara itu, anggota DPR-RI daerah pemilihan (Dapil) Sultra, Ridwan Bae sejak awal sudah memastikan, bila Gubernur Ali Mazi tidak melantik dua Pj itu, maka akan diambil alih oleh mendagri.

"Sudah banyak buktinya, bila gubernur tidak melantik, maka mendagri yang melantik," kata Ridwan.

Baca Juga: 30 Calon Jemaah Haji Kolut Batal Berangkat Tahun Ini

Wakil Ketua Komisi V itu sangat menyayangkan, bila mendagri mengambil alih pelantikan. Karena otomatis, Ali Mazi akan kehilangan pamor di mata pemerintah pusat. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga