adplus-dvertising

Menelisik Keindahan Puncak Osu Mohai di Konsel

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Sabtu, 03 April 2021
4156 dilihat
Menelisik Keindahan Puncak Osu Mohai di Konsel
Puncak Osu Mohai. Foto: Hamka/Telisik

" Secara umum tempatnya bagus, view-nya juga dapat. Mungkin setelah ini, akan kesini lagi. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Wisata alam kini menjadi destinasi yang mulai banyak digemari di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Wisata alam sebagai tempat berkemah atau camping ground memang menjadi pilihan yang cocok untuk menghilangkan penat.

Tidak terkecuali di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), beberapa objek wisata alam mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk berkemah atau camping sambil menikmati keindahan alam yang disuguhkan.


Puncak Osu Mohai misalnya, puncak ini terletak di Desa Lelekaa, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konsel.

Untuk mencapai puncak, dibutuhkan waktu sekira satu jam dari Kota Kendari menuju bawah puncak, akses menuju wisata ini juga terbilang tak begitu sulit.

Apabila ingin kesana, pendaki bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Karena di bawah puncak terletak lahan yang cukup luas untuk menampung kendaraan.

Baca juga: Mau Liburan ke Bali? Tunggu, Ini Kamus Bahasa Bali Dasar yang Perlu Anda Tahu

Namun dari bawah menuju puncak, para pendaki harus mengeluarkan tenaga untuk mencapai puncak dengan berjalan mendaki sekitar 30 menit atau dengan jarak 240 meter.

Pendakian itu tentunya tak begitu terasa, karena pendaki bakal disuguhkan pemandangan hamparan pepohonan yang memanjakan mata sepanjang perjalanan.

Suasana yang sejuk dan asri dari pepohonan akan menemani sepanjang perjalanan.

Sesampainya di puncak, pendaki bakal disuguhkan oleh pesona sungai Anduna yang dapat disaksikan dengan jarak sekitar 100 meter. Namun, jika ingin menikmati kesegaran airnya, pendaki harus menuruni bukit ke arah barat dari puncak.

Selain itu, apabila cuaca cerah dan tidak tertutup kabut, pendaki dapat menikmati sunset indah yang terbenam dari sela-sela pepohonan.

Pada malam hari, Puncak Osu Mohai juga menyuguhkan suasana yang tak kalah apik. Angin sepoi dan dinginnya malam ditemani romantisme gemerlap bintang serta rembulan akan melengkapi pendaki saat menikmati secangkir kopi.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Menjanjikan di Reok Manggarai, Harus Dirawat dan Ditata Ulang

Jika beruntung, saat arunika menampakkan wujudnya di Timur, pendaki juga bakal disuguhkan oleh hamparan awan bergelombang bagaikan ombak di atas udara yang menutupi semua area puncak.

Namun, fenomena alam negeri di atas awan ini tidak selamanya bisa terjadi dan sangat tergantung pada faktor cuaca alam sekitarnya. Sama halnya dengan siklus alam di puncak lainnya, jika saat sore atau malam hari sedang hujan kecil di sekitarnya, maka fenomena gumpalan awan-awan putih ini bisa nampak dengan sangat jelas saat pagi hari.

Aten salah satu pendaki mengaku, mengetahui tempat tersebut dari temannya. Selain hobby mendaki, Ia sengaja datang dari Kota Kendari ke Puncak Osu Mohai untuk melepas penat dari tuntutan pekerjaan.

"Secara umum tempatnya bagus, view-nya juga dapat. Mungkin setelah ini, akan kesini lagi," kata Aten, Jumat (2/4/2021).

Bagi kalian yang bingung cari tempat berkemah atau camping, tidak perlu jauh jauh ke puncak lainnya yang serupa. Puncak Osu Mohai mempunyai potensi alam yang luar biasa dan dapat memanjakan mata bagi pengunjungnya.

Namun, tetap jaga keasrian dan kebersihan puncak, agar tetap menjadi tujuan penggiat wisata minat khusus dan dapat meningkatkan minat wisatawan lainnya untuk mengunjungi puncak ini. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga