Menelisik Makam China di Moramo Konawe Selatan, Konon Tersimpan Harta Emas dan Perak

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 03 Oktober 2024
0 dilihat
Menelisik Makam China di Moramo Konawe Selatan, Konon Tersimpan Harta Emas dan Perak
Kondisi makam China di Moramo dipenuhi rerumputan dan daun yang berserakan. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Salah satu makam yang menarik perhatian terletak di Desa Landipo, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Makam ini dikenal sebagai Makam China dan dipercaya menyimpan harta emas dan perak hingga barang berharga lainnya "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Salah satu makam yang menarik perhatian terletak di Desa Landipo, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Makam ini dikenal sebagai Makam China dan dipercaya menyimpan harta emas dan perak hingga barang berharga lainnya.

Secara geografis, makam China ini terletak pada titik koordinat 4?10’8” LS dan 122?41’0” BT. Bentuk makam ini tergolong unik dengan panjang 3,04 meter, lebar 1,64 meter, tebal 23 cm, dan lebar keseluruhan mencapai 4,1 meter.

Pantaun telisik.id di lokasi, Minggu (29/9/2024), keberadaan makam ini bersebelahan dengan jalan raya di bagian utara, hutan lebat di bagian selatan, bekas kantor kehutanan di bagian timur, dan gunung serta kebun warga di bagian barat. Bentuknya menyerupai bong pay, sebuah desain khas makam China yang menonjol.

Baca Juga: Survei JSI, Elektabilitas Lukman Abunawas-La Ode Ida Unggul di Kabupaten Konawe

Tak jauh dari makam ini, terdapat satu makam lagi yang lebih kecil. Makam kecil ini juga memiliki tulisan China pada nisannya. Pada bagian kepala makam, terdapat tulisan dan relief berbahasa China, namun makna ukiran-ukiran tersebut belum diketahui secara pasti.

Keunikan lainnya adalah adanya tiga tiang berbentuk piramida yang berdiri di sekitar makam.

Menurut seorang mahasiswa Arkeologi dari Universitas Halu Oleo, Fikman, yang pernah melakukan penelitian di lokasi, kondisi makam saat ini mengalami sedikit keretakan.

“Makam ini terbuat dari bahan material semen, batu, dan pasir,” jelasnya.

Fikman juga menyebutkan bahwa makam tersebut sudah banyak ditumbuhi lumut dan rayap. Di sekeliling makam, tumbuh pohon bambu dan berbagai pohon liar lainnya.

Makam ini juga menyimpan cerita mistis yang beredar di kalangan masyarakat. Siti Ifteria, seorang warga setempat, mengungkapkan bahwa makam ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 1940-an.

"Menurut cerita orang tua di kampung, di dalam makam ini terdapat harta benda orang China seperti emas, perak, dan barang berharga lainnya," ucap Siti pada telisik.id, Kamis (3/10/2024).

Sementara itu, Ahmad, warga setempat lainnya, juga memberikan kesaksian mengenai keberadaan makam tersebut.

Baca Juga: Menunggu Arahan Pemerintah Pusat, UMP 2025 Sultra Berpotensi Naik

“Oh iya, memang waktu saya masih SD sering bermain di situ,” kenangnya.

Ahmad menambahkan bahwa dulunya terdapat lebih banyak makam di area tersebut, namun banyak yang telah hilang tertimbun oleh bencana alam.

“Kalau tidak salah, dulunya ada puluhan makam, tapi sekarang tinggal satu yang bertahan,” tandas Ahmad. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga