adplus-dvertising

Menerawang Keindahan Pantai Wantopi, Terletak di Tengah Teluk

Mutarfin, telisik indonesia
Sabtu, 18 Juni 2022
499 dilihat
Menerawang Keindahan Pantai Wantopi, Terletak di Tengah Teluk
Keindahan Pantai Wantopi yang terletak di tengah teluk. Foto: Dinas Pariwisata Buton Tengah

" Keindahan Pantai Wantopi yaitu letaknya yang sangat strategis berada di dalam teluk "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Letak Pantai Wantopi yang berada di tengah Teluk Desa Lasori, Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Buton Tengah, Muh Said mengatakan, keindahan Pantai Wantopi yaitu letaknya yang sangat strategis berada di dalam teluk.

"Terletak di dalam Teluk Lasori, Kecamatan Mawasangka Timur, Buton Tengah, pantai ini ramai dikunjungi tiap liburan akhir pekan," ungkapnya Sabtu (18/06/2022).


Ia menambahkan, di samping keindahan Pantai Wantopi, terdapat cerita legenda bahwa dulunya pernah terjadi tsunami besar sehingga perkampungan sekitar tenggelam dan ketika air surut, terbentuklah pulau di tengah teluk.

"Pantai Wantopi itu selain pantainya, ada wisata sejarah, karena dulu disitu kampung yang kena tsunami, hanya kita belum lakukan pengembangan lebih dalam" jelasnya.

Baca Juga: Loghia, Desa Tua dengan Objek Wisata Terpendam

Baca Juga: Desa Wisata Kollo Soha Wakatobi Tawarkan Pesona Pantai Pasir Putih hingga Sunset Terbaik

Kata dia, masyarakat setempat juga ramah-ramah, didominasi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan serta petani rumput laut. Dalam pengembangannya, wisata Pantai Wantopi dikelola oleh desa dan masih alami.

Masyarakat setempat yang menetap di sekitar Pantai Wantopi, Widia menuturkan, keelokan Pantai Wantopi sangat memanjakan mata. Seperti hamparan pasir putih yang berpadu dengan warna lautan yang biru indah, deretan pohon kelapa, serta posisi pantai seakan-akan di tengah laut, menambah keunikan pantai.

"Air lautnya  jernih sampai kita dapat melihat ke dasar laut dengan jelas. Ditambah lagi, saat ini belum dikenakan biaya retribusi masuk," tandasnya. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga