Mengapa Berzikir Dianjurkan Diperbanyak dalam Segala Kondisi?

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 12 November 2021
0 dilihat
Mengapa Berzikir Dianjurkan Diperbanyak dalam Segala Kondisi?
Berzikir dan mengingat Allah adalah satu-satunya ibadah yang Allah perintahkan kepada hamba-Nya untuk dilakukan sebanyak-banyaknya. Foto: Repro Kumparan.com

" Umat islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Namun ada ibadah yang istimewa karena mudah dilakukan baik dalam kondisi dan waktu apapun "

KENDARI, TELISIK.ID - Umat islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.   Namun ada ibadah yang istimewa karena mudah dilakukan baik dalam kondisi dan waktu apapun.

Dilansir Republika.co.id dari Masrawy, Pendakwah Dr Amr Khaled menjelaskan bahwa dalam semua amalan ibadah, Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa memanjatkan doa.

Allah SWT memerintahkan kepada hamba-Nya untuk menunaikan zakat, pergi haji dan umrah, akan tetapi tak satu pun dari ibadah-ibadah ini harus dikerjakan dengan sebanyak-banyaknya.

Khaled menjabarkan bahwa berzikir dan mengingat Allah adalah satu-satunya ibadah yang Allah perintahkan kepada hamba-Nya untuk dilakukan sebanyak-banyaknya. 

Zikir berasal dari bahasa Arab yang artinya mengingat. Berzikir merupakan amalan ibadah yang perlu dilakukan sesering mungkin. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an surat Al Ahzab penggalan ayat 35: 

“Wadzzakiriinallaha katsiran wadzzaakiraati a’addullahu lahum maghfiratan wa ajran azhiman.” 

Yang artinya, “Dan laki-laki serta perempuan yang banyak menyebut (asma/berzikir) Allah, maka Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” Dan di dalam Surat Thaha ayat 33-34, Allah berfirman:  

Baca Juga: Dahsyatnya Bahaya dan Dosa Menggibah yang Harus Dihindari

“Kay nusabbihuka katsiran, wa nadzkuruka katsiran.”  Yang artinya, “Supaya kami banyak bertasbih kepada Engkau. Dan banyak mengingat Engkau.” 

Dia menambahkan, apabila seseorang telah melakukan dosa besar, atau merasa benci dengan diri sendiri, bingung membedakan mana kebenaran dan kebatilan di dalam diri, maka sebaiknya dia segera berzikir selama 20 menit. 

Sebab dengan berzikir, alam bawah sadar seseorang akan bertindak secara otomatis mengingat Allah tanpa seseorang itu perlu berusaha lebih keras.

Berzikir, kata Khaled, merupakan amalan ibadah yang sangat mudah dilakukan. Ibadah ini tidak mengharuskan pelakunya mengambil wudhu terlebih dahulu, sehingga inilah ibadah yang sangat mudah untuk dikerjakan dalam kondisi dan waktu kapanpun. 

7 Manfaat Berzikir

Setiap harinya dosa kian bertambah, dan tantangan hidup juga semakin bervariasi. Ada banyak cara yang dapat dilakukan manusia dalam menghadapi konflik jiwa dan pikiran. Dan sebagai umat Islam, salah satu cara tersebut adalah dengan memperbanyak mengingat Allah SWT lewat berzikir.

Seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 152 yang berarti: “Berdzikirlah (ingatlah) kamu kepada-Ku, niscaya Aku akan ingat pula padamu!” (QS Al-Baqarah;152).

Allah SWT juga berfirman dalam surat Ar-Ro’d ayat 28 yang berarti: “Yaitu orang-orang yang beriman, dan hati mereka aman tentram dengan zikir pada Allah, ingatlah dengan zikir pada Allah itu, maka hati pun akan merasa aman dan tentram.” (QS Ar-Ro’d;28).

Terdapat banyak manfaat zikir bagi umat Islam yang melakukannya setiap hari. Selain berguna untuk mengembangkan kualitas diri, juga membantu menambah pundi-pundi pahala dan kesejukan bagi jiwa yang sedang gundah.

Berikut ini 7 manfaat zikir yang dilakukan setiap hari, dikutip dari merdeka.com.

Baca Juga: Mau Rezeki Lancar? Baca Tiga Doa Ini Sebelum Bekerja

1. Dilancarkan Rezeki

Manfaat zikir adalah membantu memperlancar aliran rezeki. Allah SWT memberikan rezeki kepada hambanya secara langsung apabila Dia menghendaki.

Maka sebagai manusia, salah satu cara terbaik untuk meminta rezeki kepada Allah SWT adalah dengan berdoa dan berzikir. Karena sejatinya, rezeki bagi seseorang tidak hanya dicari, namun juga harus didoakan.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Al-Jumuah ayat 10: Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Surat ini menyiratkan bahwa meminta rezeki kepada Allah SWT tidak hanya dapat dilakukan dengan salat wajib, sunnah, dan berdoa. Zikir juga dapat menambah kemudahan dan kelancaran rezeki seseorang. Maka alangkah baiknya menunaikan zikir setelah mengerjakan salat wajib dan sunnnah guna mempermudah segala urusan dan jalan rezeki Anda.

2. Menghilangkan Perasaan Gundah

Dalam Al-Quran surat Ar-Rad ayat 28 telah disebutkan bahwa: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.

Setiap manusia tentu pernah merasakan stress atau gundah. Ketika sedang berada dalam fase tersebut, disarankan bagi Anda untuk memperbanyak zikir dan mengingat Allah SWT. Cara ini akan membantu hati kembali merasa tenang dan damai.

Manfaat zikir yaitu dapat membantu membangun kesabaran dalam diri dan menenangkan pikiran. Dengan pikiran yang tenang, tentu akan semakin mudah dalam mengambil keputusan secara rasional.

Secara prinsip, aktivitas zikir adalah aktivitas manusia untuk memusatkan pikiran kepada Tuhannya. Dengan berzikir, manusia diharapkan mampu mengenal Tuhannya lebih dalam lagi.

3. Menjauhkan Diri dari Godaan Jin

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Imran ayat 176 yang berbunyi: "Sesungguhnya mereka adalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang beriman."

Banyak berzikir dapat membantu manusia menjauhkan diri dari gangguan jin dan iblis. Karena semakin sering kita berzikir, semakin meningkat pula rasa keimanan terhadap Allah SWT yang membuat jin dan iblis menjadi enggan untuk mendekati.

4. Diliputi Banyak Kebaikan

Rasulullah SAW bersabda, tiada suatu kaum yang duduk sambil berzikir kepada Allah melainkan mereka akan dikelilingi oleh malaikat, diselimuti oleh rahmat dan Allah akan mengingat mereka di hadapan makhluk yang ada di sisi-Nya. (HR. Bukhari).

Seseorang yang rajin berdoa sembari berzikir dipercaya akan menerima limpahan kebaikan yang datang bertubi-tubi. Dalam sebuah hadis lain disebutkan bahwa, Tiada suatu kaum yang berkumpul sambil mengingat Allah dimana dengan perbuatan itu mereka tidak menginginkan apa pun selain diri-Nya, melainkan penghuni langit akan berseru kepada mereka, Bangkitlah, kalian telah diampuni. Keburukan-keburukan kalian telah diganti dengan kebaikan-kebaikan. (HR. Ahmad).

Manfaat zikir telah disebutkan dalam Al-Qur'an sebagai pengingat bagi umat Islam untuk selalu menjalankannya. Karena kebaikan yang diberikan oleh zikir akan sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi tabungan pula di akhirat kelak. Seperti yang ditulis dalam Al-Qur'an;

Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dengan zikir yang sebanyak-banyaknya. (QS. Al-Ahzab [33]: 41).

Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. (QS. An-Nisa [4]: 103).

5. Mengontrol Emosi

Mengontrol emosi dan kesabaran adalah tantangan terberat dalam kehidupan manusia. Sebagai umat Islam, kita diharapkan dan diwajibkan untuk selalu berperilaku baik kepada sesama manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Memiliki kontrol emosi diri yang buruk dapat mempengaruhi segala aspek dalam berkehidupan sebagai makhluk sosial.

Untuk itu, manusia diharapkan untuk lebih bijak dan pintar mengolah diri, emosi dan perilaku. Sebagaimana Islam selalu mengajarkan hal-hal baik untuk diterapkan oleh umatnya. Rutin berdoa dan berzikir dapat mempermudah kontrol diri dan menjaga kestabilan emosi.

Manfaat zikir yang satu ini akan sangat berguna untuk dimiliki, mengingat semua manusia tidak ada yang sempurna dan oleh karenanya pasti akan mengeluarkan emosi-emosi negatif tanpa bisa ditahan.

6. Kebahagiaan di Hari Akhir

Sebuah ilustrasi yang dikemukakan oleh Imam Ghazali adalah seperti ini, Ada seseorang bertanya, Ia sudah lenyap, lalu bagaimana perbuatan zikir kepada Allah masih tetap kekal bersamanya? lalu Imam Ghazali pun menjelaskan, Sebenarnya ia tidak benar-benar lenyap, yang juga melenyapkan amalan zikir. Ia hanya lenyap dari dunia dan alam syahadah, bukan dari alam malakut. Hal ini seperti yang tertera dalam Al-Quran Surah Ali Imran ayat 169-170.

7. Dapat Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Berdoa dan berzikir adalah dua cara termujarab bagi seorang manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Rutin berzikir akan mendapatkan ganjaran berupa dijabahnya doa-doa.

Selain itu, segala urusannya pun akan selalu dilancarkan dan hidupnya akan dipenuhi berbagai kebaikan demi kebaikan. Terlebih lagi, bagi yang gemar mengerjakan salat tahajjud dan dilanjutkan dengan berzikir, niscaya doa dan keinginannya akan sangat mudah untuk terwujud. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga