Mengenal Billy Kurniawan, Pemilik Kopi Janji Jiwa Pecahkan Rekor Muri

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 11 Oktober 2022
0 dilihat
Mengenal Billy Kurniawan, Pemilik Kopi Janji Jiwa Pecahkan Rekor Muri
Billy Kurniawan, sang Founder Kopi Janji Jiwa yang sukses bangun bisnis tanpa investasi hingga meraih Rekor Muri. Foto: Repro swa.co.id

" Bisnis kopi menjadi salah satu usaha yang banyak diminati masyarakat, khususnya generasi muda yang ingin berkarir sebagai pengusaha "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bisnis kopi menjadi salah satu usaha yang banyak diminati masyarakat, khususnya generasi muda yang ingin berkarir sebagai pengusaha.

Salah satu brand bisnis kopi yang kini viral adalah Janji Jiwa. Brand bisnis kopi ini merupakan brand kopi lokal yang saat ini sedang banyak digandrungi oleh banyak kalangan, mulai dari pelajar, pekerja, dan bahkan keluarga sekalipun.

Dikutip dari jiwagroup.com, Janji Jiwa merupakan salah satu brand kopi lokal yang terhitung telah memiliki kurang lebih 900 jilid (sebutan untuk outlet Kopi Janji Jiwa) yang tersebar di lebih dari 100 kota di seluruh Indonesia.

Outlet Kopi Janji Jiwa yang disebut “Jilid” pertama kali beroperasi pada 15 Mei 2018 dan berlokasi di ITC Kuningan.

Baca Juga: Johannes Robert, Totalitas Jadi Abdi Negara untuk Membangun Sulawesi Tenggara

Sesuai dengan namanya Kopi Janji Jiwa menawarkan kopi dengan cita rasa yang klasik untuk para penikmat kopi di Indonesia.

Dialah Billy Kurniawan selaku Founder dan sekaligus pemilik dari Kopi Janji Jiwa yang sukses membangun usahanya itu hingga dikenal di seluruh berbagai daerah di Tanah Air.

Melansir Sonora.ID, berikut profil lengkap dari Billy Kurniawan, sang Founder Kopi Janji Jiwa:

Billy Kurniawan merupakan lulusan dari Seattle University pada tahun 2017, ia dikenal sebagai pribadi yang sangat bersahaja dan tidak suka mengumbar kehidupan pribadinya.

Tercatat sebanyak 9 kali sosok Billy Kurniawan telah merintis bidang usaha sebelum memutuskan untuk membuka bisnis Kopi yang saat ini ia miliki.

Salah satunya adalah bisnis minuman bubble tea dengan nama brand 'Calais' yang ia rilis pada tahun 2017. Bahkan Billy Kurniawan sukses membuka 40 cabang gerai Calais.

Namun karena Billy Kurniawan memiliki minat atau passion terhadap kopi, akhirnya pada tahun 2018 Billy Kurniawan membuka bisnis kopi yang ia namai Kopi Janji Jiwa.

Nama Janji Jiwa dipilih sebagai representasi dari passion dan komitmen Billy Kurniawan sebagai pemilik dan CEO Janji Jiwa dalam menyuguhkan produk dengan sepenuh hati.

Billy Kurniawan juga memiliki beberapa fakta hidup yang menarik untuk diketahui, simak ulasan tentang fakta hidup Billy Kurniawan pemilik Kopi Janji Jiwa:

1. Buka Bisnis Tanpa Investor

Pada tahun 2018, Billy Kurniawan dengan bermodalkan uang sejumlah Rp 70 Juta yang itu berasal dari saham bisnis sebelumnya, ia memberanikan diri membuka bisnis Kopi Janji Jiwa.

Gerai pertama bisnis Kopi Janji Jiwa tersebut terletak di ITC Kuningan, Jakarta. Namun siapa sangka jika bisnis Kopi Janji Jiwa ini tanpa ada investor sama sekali.

Tetapi walaupun tanpa dibantu dengan investor, Billy Kurniawan dengan bermodalkan ketulusan dan strategi, kini ia mampu membuka lebih dari 700 gerai yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia.

2. Pecahkan Rekor Muri

Keberhasilan Billy Kurniawan dalam membuka 700 gerai Kopi Kenangan yang tersebar di 50 kota besar di Indonesia dalam waktu satu tahun, tampaknya telah mendapatkan apresiasi dalam banyak pihak.

Tak terkecuali apresiasi dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Rekor Muri) yang pada tahun 2019 memberikan penghargaan kepada Billy Kurniawan atas rekornya yaitu Pertumbuhan Tercepat Kedai Kopi dalam Satu Tahun.

3. Selalu Berinovasi

Keberhasilan yang telah diraih oleh Billy Kurniawan, tak membuat dirinya berpuas hati melainkan ia terus berusaha menghadirkan berbagai macam inovasi yang mampu memberikan kepuasan bagi customernya.

Kini Kopi Janji Jiwa selain menyediakan aneka Kopi Klasik, Janji Jiwa juga mengukuhkan branding-nya melalui kehadiran ragam varian kopi khas Janji Jiwa dan Jiwa Toast. Jiwa Toast merupakan gaya baru toast bread dengan berbagai varian rasa.

4. Strategi Bisnis yang Cerdas

Menjadikan Janji Jiwa sebagai brand Kopi kekinian nomor 1 di Indonesia ternyata tak terlepas dari strategi bisnis yang diterapkan oleh Billy Kurniawan.

Penguatan branding Janji Jiwa dilakukan oleh Billy melalui penyesuaian rasa kopi dengan selera penikmat kopi di Indonesia serta pengembangan brand story.

Branding kopi Janji Jiwa semakin mantap di kancah persaingan brand kopi lainnya melalui kampanye digital.

Baca Juga: Mengenal Agus Tandur, Coach Bertangan Dingin Sukses Kalahkan Tim Raksasa NTT

Janji Jiwa aktif mempublikasikan eksistensinya melalui media sosial dengan melibatkan Key Opinion Leader (KOL) dan influencer serta berkolaborasi dengan brand besar dari bidang lain maupun partner potensial lainnya.

5. Menggunakan Kopi yang Berbeda

Salah satu faktor yang membuat bisnis Kopi Janji Jiwa melesat menjadi yang nomor 1 adalah keberanian Billy Kurniawan dalam memilih jenis Kopi yang berbeda dari brand yang ada sebelumnya.

Jika brand lain banyak menggunakan jenis Kopi Arabika, Janji Jiwa memilih menggunakan biji kopi Sumatera yang memiliki aroma dan rasa yang kuat. Dengan biji kopi yang kuat, rasa kopi akan jauh lebih lezat dan tidak pahit di lidah. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga