adplus-dvertising

Mengenal Lebih Dekat Asnawi Mangkualam, Sang Kapten Timnas Indonesia dari Makassar

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 28 Desember 2021
2781 dilihat
Mengenal Lebih Dekat Asnawi Mangkualam, Sang Kapten Timnas Indonesia dari Makassar
Asnawi Mangkualam jadi bek andalan timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Foto: Repro celebrities.id/Instagram @AMB

" Sosok kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam tengah menjadi perbincangan hangat, khususnya di media sosial "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sosok kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam tengah menjadi perbincangan hangat, khususnya di media sosial.

Hal itu setelah ia dan setimnya menghadapi Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 pada Sabtu (25/12/2021).

Mengutip okezone.com, Asnawi Mangkualam memang menjadi sorotan usai laga Timnas Indonesia vs Singapura yang berakhir 4-2 untuk kemenangan skuad Garuda.


Selain karena tampil militan, sosoknya jadi perbincangan karena Asnawi Mangkualam melakukan aksi provokasi kepada Faris Ramli yang gagal mencetak gol saat jadi eksekutor penalti.

Jika saat itu penalti yang dilepaskan Faris Ramli menghasilkan gol, Singapura diprediksi lolos ke final Piala AFF 2020.

Untuk mengetahui Asnawi Mangkualam, ada baiknya mengetahui profil sang kapten Timnas Indonesia itu. Dilansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut profilnya:

Pria yang memiliki nama lengkap Asnawi Mangkualam Bahar ini lahir pada 4 Oktober 1999 di Makassar. Asnawi merupakan anak dari pasangan Bahar Muharram dan Fatmawati Rasak. Asnawai juga mempunyai saudara bernama Nur Ikrar Bahar dan Fiqih Syali.

Ayah Asnawi adalah asisten pelatih tim PSM Makassar. Mulanya, ayahnya tidak ingin Asnawi terjun menjadi pesepakbola karena ayahnya khawatir Asnawi dianggap menjadi pemain atas bantuan dirinya.

Mengutip bisnis.com, Asnawi awalnya menimba ilmu sepak bola di tim junior PSM Makassar. Setelah bertahun-tahun, ia pun bergabung dengan Persiba Balikpapan untuk Kejuaraan Sepak Bola Indonesia A 2016.

Bersama dengan Persiba Balikpapan, ia tampil gemilang karena berhasil mencetak gol dalam pertandingan melawan Bali United FC.

Setahun kemudian, Asnawi kembali ke PSM Makassar pada tahun 2017.

Karena prestasi dan tenaganya, Asnawi didapuk menjadi fullback kanan untuk Timnas U-19.

Aswani pun berhasil menjadi pemain yang memberikan gelar juara AFF Cup U-22 tahun 2019 lalu.

Di tahun yang sama, Asnawi terlibat langsung dalam catatan sejarah PSM Makassar, yakni mendapat gelar juara Piala Indonesia 2018-2019. Ia bahkan terpilih sebagai pemain muda terbaik di ajang tersebut.

Pada Januari 2021, Asnawi bergabung dengan klub Korea Selatan, Ansan Greeners, yang bermain di K League 2.

Baca Juga: Habib Bahar bin Smith Ternyata Keturunan Buton

Kepindahan Asnawi tersebut terjadi atas rekomendasi dari pelatih kepala tim nasional Indonesia saat itu, Shin Tae-yong, mantan pemain dan pelatih dari Seongnam Ilhwa dan timnas Korea Selatan.

Asnawi juga menjadi pesepakbola Indonesia pertama yang pernah bermain di K League.

Saat ini, Asnawi didapuk menjadi kapten Timnas Indonesia untuk piala AFF 2020. Ia berhasil membuktikan kepemimpinannya dengan membuat Indonesia melaju ke final.

Baca Juga: Profil dan Kisah Sukses Ustaz Yusuf Mansur

Bahkan menurut Transfermarkt, Aswani menjadi pemain urutan satu dengan harga transfer paling mahal. Ia dihargai 350 ribu Euro atau setara dengan Rp 5,6 miliar. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga