Mengenal Minuman Kolagen untuk Kecantikan Kulit dan Makanan Penggantinya

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 03 Agustus 2023
0 dilihat
Mengenal Minuman Kolagen untuk Kecantikan Kulit dan Makanan Penggantinya
Mengonsumsi kolagen untuk kesehatan kulit dapat diganti dengan makanan yang mengandung vitamin agar lebih aman. Foto: Repro lifestyle.kompas.com

" Mengonsumsi minuman kolagen secara rutin, dipercaya dapat memelihara kesehatan dan kecantikan kulit serta menjaga elastisitas agar awet muda "

KENDARI, TELISIK.ID - Mempunyai kulit sehat mulus dan bersinar, tentunya menjadi dambaan semua orang, terutama perempuan. Berbagai cara dilakukan agar kulit wajah dan tubuh sehat dan prima. Perawatan di klinik kecantikan menggunakan produk kecantikan kulit hingga konsumsi suplemen seperti kolagen.

Minuman kolagen belakangan ini cukup viral di kalangan para wanita. Mengonsumsi minuman kolagen secara rutin, dipercaya dapat memelihara kesehatan dan kecantikan kulit serta menjaga elastisitas agar awet muda.

Minuman kolagen ini biasanya berbentuk serbuk yang dilarutkan dalam air atau minuman siap saji, ada juga yang berbentuk pil dan permen jeli.

Dilansir dari, yankes.kemkes.go.id, kolagen sebenarnya adalah protein dalam tubuh yang ada secara alamiah yang berperan baik untuk menjaga kesehatan kulit, gigi hingga otak. Dengan manfaat yang baik untuk kulit, kolagen akan membuat kulit lebih lembap tidak cepat kendur, cerah dan bersinar namun tidak untuk memutihkan.

Dr. Abraham Arimuko, dokter spesialis kulit dan kelamin menjelaskan, selain dengan suplemen kolagen, pembentukan kolagen juga bisa didapatkan dari beberapa bahan makanan yang mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin E, mineral hingga omega 3. Seperti jeruk, apel, strawberry, sayur bayam, brokoli, ikan salmon, daging ayam dan putih telur.

Baca Juga: Makanan Ini Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda

“Mengonsumsi vitamin alami lebih aman karena kita lebih tahu apa yang kita makan dibanding dengan mengonsumsi suplemen yang kita belum tentu tahu pasti apa isi kandungannya. Beberapa orang menyukai kemudahan kapsul, yang lain menikmati rasa permen karet, dan yang lain menyukai variasi bubuk,” ujar Abraham.

Sementara itu, salah seorang wanita di Kota Kendari, Rusmini (40) mengatakan, dirinya mengonsumsi kolagen karena melihat banyak iklan di media sosial yang menunjukkan testimoni dari orang-orang yang mengonsumsi kolagen bisa memutihkan dan memperkencang kulit.

“Banyak juga tetangga dan teman-temanku yang minum jadi saya minum juga untuk mengencangkan kulit-kulit yang sudah mulai kendor karena usia,” ujarnya.

Dilansir dari halodoc.com, daripada mengonsumsi kolagen pemutih badan yang belum jelas asal produknya, kamu bisa menambah asupannya dari nutrisi berikut:

Vitamin A. Asupannya bisa diperoleh dari mangga, sayuran berdaun hijau, wortel, udang, hati sapi, tomat, telur dan minyak hati ikan kod.

Baca Juga: 3 Masker Berbahan Alami untuk Perawatan Kulit Sensitif

Vitamin C. Asupannya bisa diperoleh dari stroberi, jeruk, pepaya, kelengkeng, brokoli dan sayuran berdaun hijau.

Antosianin. Asupannya bisa diperoleh dari buah delima, anggur, beri, tomat dan kacang merah.

Protein. Asupannya bisa diperoleh dari daging, susu, yoghurt, makanan laut, telur, kacang kedelai, ikan dan agar-agar. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga