Mengenal Nualphan Lamsam, Wanita Kaya di Balik Perkasanya Thailand

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 30 Desember 2021
0 dilihat
Mengenal Nualphan Lamsam, Wanita Kaya di Balik Perkasanya Thailand
Nualphan Lamsam dan pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking. Foto: Repro Instagram @panglamsam

" Dia manajer. Dia sosok yang sangat kuat. Dia punya hubungan yang sangat bagus dengan pemain "

BANGKOK, TELISIK.ID - Timnas Thailand membuka peluang besar setelah berhasil menundukkan Indonesia 4-0 di leg pertama final Piala AFF 2020.

Keberhasilan Thailand salah satunya karena keberadaan Nualphan Lamsam, wanita sosialita tajir yang menjadi manajer tim.

Wanita yang akrab disapa Madame Pang itu, menurut pelatih Alexandre Polking, begitu sentral perannya.

"Dia manajer. Dia sosok yang sangat kuat. Dia punya hubungan yang sangat bagus dengan pemain," kata Polking di konferensi pers.

"Dia punya relasi yang membangun dengan klub. Dia juga berani ambil bagian. Hubungan seperti itulah, antara klub Thailand dan klub luar negeri, yang membuat tim Thailand seperti sekarang," kata Polking, seperti dilansir dari detik.com

Madam Pang baru ditunjuk menjadi manajer Timnas Thailand kelompok putra pada Agustus lalu.

Madame Pang bukanlah sosok baru di dunia sepakbola Thailand. Sebelumnya, ia pernah menjadi manajer timnas putri Thailand, dan kini masih berstatus Presiden klub Thai Port FC.

Di luar lapangan hijau, Madame Pang juga seorang pebisnis dan politikus. Ia merupakan CEO perusahaan asuransi Muang Thai Insurance, dan menjadi anggota Partai Demokrat, bahkan pernah menjabat Sekjen pada 2006-2016.

Dengan kekuatan finansialnya, wanita kelahiran 21 Maret 1966 itu juga begitu royal kepada Timnas Thailand. Sebagai contoh, guyuran bonus sudah ia kucurkan kepada Chanathip Songkrasin dkk.

Saat maju ke final, skuad Thailand diberi bonus barang-barang mewah, dari Iphone 13, jam Rolex, hingga tas mewah merek Hermes dan Christian Dior.

Belum habis uangnya, Madame Pang juga menjanjikan bonus berlimpah lagi. Bonus sebesar 26 juta baht atau sekitar Rp 11 miliar disiapkannya kepada tim jika bisa merengkuh titel.

Baca Juga: Indonesia Tak Berdaya, Thailand Menang 4-0 di Leg Pertama Final Piala AFF 2020

Di balik perkasanyanya Timnas Thailand, rupanya ada sosok yang bisa menyokong moril dan finansialnya. Dialah Nualphan Lamsam.

Dilansir dari kompas.com, selain terkenal dengan label "sultan" dia juga wanita dengan pendidikan tinggi. Madam Pang merupakan lulusan Boston University dan Chulalongkorn University.

Dunia sepak bola kebanyakan digemari oleh laki-laki, tetapi Madam Pang tidak peduli.

Kecintaannya terhadap sepak bola membuat dirinya terjun langsung. Salah satu langkahnya adalah memiliki salah satu klub Thailand, Port Football Club.

Baca Juga: Shin Tae-yong Marah, Pemain Timnas Indonesia Hanya Diberi Makan Nasi Kotak

Selain itu, dia juga menjabat sebagai manajer timnas Thailand baik putra maupun putri. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga