Mengenal Pangeran Philip, Sosok yang Bantu Ratu Elizabeth II Modernisasi Inggris

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 10 April 2021
0 dilihat
Mengenal Pangeran Philip, Sosok yang Bantu Ratu Elizabeth II Modernisasi Inggris
Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II. Foto: Repro google.com

" Pangeran Philip dikenang sebagai perwira angkatan laut yang blak-blakan yang membantu Ratu Inggris Elizabeth II memodernisasi Kerajaan Inggris. "

LONDON, TELISIK.ID - Warga Inggris turut berduka atas meninggalnya Pangeran Philip, suami Ratu Inggris Elizabeth II. Dia meninggal dunia dalam usia 99 tahun pada Jumat (9/4/2021) pagi waktu setempat.

Pangeran Philip dikenang sebagai perwira angkatan laut yang blak-blakan yang membantu Ratu Inggris Elizabeth II memodernisasi Kerajaan Inggris.

Meski dikenang dengan persona publiknya yang cenderung kasar, Pangeran Philip setia mendampingi sang Ratu Inggris.

Dikutip dari detik.com yang melansir Reuters, Jumat (9/4/2021), meski tidak memiliki peran resmi, Pangeran Philip sebagai Duke of Edinburgh merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh dalam keluarga Kerajaan Inggris selama lebih dari 70 tahun.

Pangeran Philip menikahi Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey tahun 1947 silam. Dia selalu setia mendampingi, tepatnya berjalan selangkah di belakang, Ratu Elizabeth II dalam ribuan acara seremonial yang dihadiri keduanya.

Meski sering dikritik karena sikapnya dan terkadang komentarnya yang kasar, sahabat-sahabat keduanya menyatakan bahwa sebagai orang kepercayaan yang terdekat dengan Ratu Inggris, Pangeran Philip membawa kecerdasan dan energi yang tak kunjung padam ke dalam Kerajaan Inggris.

Baca juga: Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth II Wafat

Bersama Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip membantu menavigasi pergolakan politik dan sosial pada abad ke-20 untuk mewujudkan monarki yang sesuai bagi berbagai waktu yang berbeda. Seringkali menghadapi pengadilan yang sangat tradisional, dia mereformasi istana dan berupaya memanfaatkan kekuatan televisi yang berkembang untuk memproyeksikan pengaruh Kerajaan Inggris.

Dia mendorong penobatan Ratu Elizabeth II tahun 1953 untuk disiarkan langsung via televisi dan di belakang layar menghapus perilaku kuno di dalam lingkungan istana yang dianggapnya memuat pengap. Dia menjadi anggota keluarga Kerajaan Inggris yang pertama melakukan wawancara televisi.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II memiliki empat anak, yakni Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward. Pangeran Charles atau yang bergelar Prince of Wales merupakan ahli waris takhta Kerajaan Inggris.

"Dia secara sederhana, telah menjadi kekuatan dan membuat saya bertahan selama ini," ucap Ratu Elizabeth II dalam penghormatan pribadi yang langka untuk sang suami saat berpidato merayakan 50 tahun pernikahan keduanya tahun 1997 silam.

"Saya, dan seluruh keluarganya, dan ini dan banyak negara lainnya, berutang padanya lebih banyak daripada yang pernah dia klaim, atau kita ketahui," imbuh sang Ratu Inggris saat itu.

Pangeran Philip ahir pada 10 Juni 1921 di Pulau Corfu. Ia merupakan putra dari Pangeran Andrew dari Yunani, yang merupakan salah satu anak laki-laki Raja George I dari Hellenes, dan Putri Alice dari Battenberg, yang merupakan putri sulung Pangeran Louis dari Battenberg dan saudara dari Earl Mountbatten of Burma. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga