adplus-dvertising

Mengenal Tomeo Gozen Samurai Wanita Cantik Jepang, Habisi 100.000 Musuh dalam Semalam

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 19 Desember 2021
2141 dilihat
Mengenal Tomeo Gozen Samurai Wanita Cantik Jepang, Habisi 100.000 Musuh dalam Semalam
Kisah Tomeo Gozen yang diadaptasi dalam film. Foto: Repro Wrodpress.com

" Tomoe Gozen dianggap sebagai Samurai wanita terkuat pada periode Heian "

TOKYO, TELISIK.ID - Jika membicarakan Jepang, pastinya seorang Samurai tak luput dari topik pembicaraan para kesatria legendaris yang terus ada di masa-masa feodal.

Selain para Samurai pria, Samurai wanita juga tak kalah hebat dan melegenda. Salah satunya adalah Tomoe Gozen yang dianggap sebagai Samurai wanita terkuat pada periode Heian.

Periode Heian sendiri belangsung di Jepang pada tahun 794 hingga tahun 1185. Pada saat itulah kekuasaan kaisar telihat menurun hingga beberapa klan mulai menguasai perpolitikan serta mempunya pengaruh lebih dibanding Kaisar.


Klan Fujiwara awalnya menjadi klan terkuat selama ratusan tahun sebelum akhirnya dikalahkan oleh Klan Taira pada tahun 1160.

Dilansir dari Nationalgeographic.co.id, Tomoe Gozen adalah seorang prajurit wanita yang mengabdi pada Klan Minamoto. Ia digambarkan memiliki wajah cantik, rambut panjang, dan sifat lembut.

Baca Juga: Mistik: Deretan Lagu Indonesia yang Punya Kisah Aneh, Undang Makhluk Halus?

Namun dirinya bisa menjadi garang di pertempuran dengan kemampuan berkuda, memanah, dan keahlian pedangnya.

Para Samurai wanita biasa berlatih ilmu pedang untuk mempertahankan diri saja. Namun Tamoe juga diajarkan memakai senjata untuk membunuh.

Ia kemudian menikahi Minamoto Yoshinaka yang merupakan anggota Klan Minamoto dan langsung menjadi salah satu Samurai kepercayaannya.

Kisah Tomoe Gozen hanya diketahui dari satu sumber, yakni ‘Heike Monogotari’, sebuah catatan mengenai Perang Genpei.

Yang merupakan konflik antara Klan Minamoto dan Klan Taira yang terjadi pada tahun 1180 hingga tahun 1185. Tomoe bertarung di sisi Yoshinaka dalam pertempuran Awazu pada tahun 1184.

Menurut legenda, Tomoe diceritakan berhasil menghabisi 100 ribu musuh dalam semalam.

Baca Juga: 3 Raja yang Terkenal Haus Sex, Tiduri Saudaranya Sendiri dan 18.000 Wanita

Setelah itu, Tomoe bahkan mengumpulkan kepala mereka untuk diserahkan kepada Yoshinaka. Namun, dalam Pertempuran Awazu itu juga Yoshinaka tewas karena pasukannya kalah jumlah dengan Klan Taira.

Sebelum meninggal, ia menyuruh Tomoe untuk pergi terlebih dahulu karena dirinya tidak ingin mati di dekat seorang wanita untuk menjaga kehormatannya sebagai Samurai.

Nasib Tomoe Gozen setelah Perang Genpei tidak diketahui, karena ia menghilang secepat kemunculannya.

Dilansir dari Jurnalsoreang, pertempuran Genpei berakhir pada tahun 1185 dan dimenangkan oleh Klan Minamoto yang memulai Periode Kamakura yang merupajan Shogunat pertama di Jepang. Hingga kini, Tome Gozen masih dihormati sebagai Samurai wanita terkuat dan tertangguh.

Ada sekitar 15 monumen atau patung untuk mengenang dirinya di seluruh Jepang saat ini. Ia diabadikan dalam segala bentuk seni Jepang mulai dari yang tradisional seperti kabuki, noh, lukisan okiyo, dan festival-festival. Bahkan sampai yang modern seperti anime, manga, drama, dan juga video game. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga