Mengenal Tradisi Hanami saat Pohon Sakura Berbunga di Jepang

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 17 April 2024
0 dilihat
Mengenal Tradisi Hanami saat Pohon Sakura Berbunga di Jepang
Masyarakat Jepang memiliki tradisi Hanami saat sakura berbunga. Foto: Repro blog.gaijinpot.com

" Hanami atau Ohanami merupakan tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura "

TOKYO, TELISIK.ID - Salah satu tradisi yang cukup unik di negara Jepang adalah Hanami. Tradisi ini seringkali dilakukan masyarakat setempat saat pohon sakura mulai berbunga.

Di Jepang, dikutip dari Idntimew.com, awalnya kegiatan ini berasal dari keluarga bangsawan, lalu menyebar ke kalangan samurai hingga masyarakat luas. 

Tidak seperti sekarang, dulu masyarakat Jepang berkumpul di bawah pohon sakura untuk membuat puisi klasik. Hanya ada beberapa lokasi untuk Hanami, yakni Tokyo, Osaka, Nagoya, Hiroshima, Kyoto, dan lain-lain.

Melansir repositori.usu.ac.id, Hanami atau Ohanami merupakan tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura.

Perayaan Hanami adalah satu dari beberapa perayaan tahunan di negara Jepang yang diselenggarakan pada musim semi. Musim bunga sakura mekar atau cherry blossom di Jepang adalah fenomena alam yang sangat indah. Masyarakat Jepang menyambut dengan penuh keceriaan.

Baca Juga: Deretan Tradisi Unik Sambut Hari Raya Idul Fitri di Berbagai Negara

Bagi masyarakat Jepang, pelaksanaan Hanami memiliki arti yang sangat penting yaitu, yang pertama adalah selesainya musim dingin yang benar-benar berat.

Yang kedua, masyarakat Jepang merayakan datangnya musim semi yang hangat. Kemudian ketiga, Hanami bisa dikatakan adalah salah satu saat untuk bersilaturrahmi yang tepat dengan keluarga atau rekan yang jarang bertemu.

Baca Juga: Ritual Menari Bersama Mayat, Tradisi Famadihana di Madagaskar

Hanami umumnya dilakukan berkelompok. Setiap kantor, perusahaan, sekolah-sekolah sudah menjadwalkan kapan dan dimana akan melakukan Hanami. Masyarakat Jepang merayakan Hanami dengan makan dan minum, menari, mendengarkan lagu dan sambil bercanda. Sajian-sajian khusus yang biasa disiapkan untuk Hanami yaitu bentou, dango dan sake.

Selain itu, banyak juga masyarakat Jepang yang berbarbeque di taman dengan membawa peralatan lengkap. Piknik ini bisa berlangsung hingga larut malam yang disebut dengan yozakura. Lampion-lampion kertas dipasang sebagai penerangan di taman untuk siapa saja yang melakukan yozakura.

Hanami malam atau yozakura tidak kalah indah nya dengan Hanami siang, lentera-lentera yang menerangi taman menambah indah bunga sakura di malam hari. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga