Mengenal Venustraphobia, Phobia Terhadap Perempuan Cantik

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Kamis, 16 Juni 2022
0 dilihat
Mengenal Venustraphobia, Phobia Terhadap Perempuan Cantik
Seorang penderita Venustraphobia yang merasa cemas dan takut berada di dekat wanita cantik. Foto: Repro Hops.id

" Orang dengan Venustraphobia justru akan mengalami reaksi phobia tak biasa yang membuatnya justru mengalami kecemasan "

KENDARI, TELISIK.ID - Kebanyakan orang terutama pria umumnya menyukai perempuan cantik dengan penampilan yang menarik pula. Namun berbeda halnya dengan penderita Venustraphobia yang justru akan merasa takut saat melihat perempuan cantik.

Walau phobia yang satu ini masih terdengar asing di telinga kita, tetapi jangan menganggapnya remeh yah.

Mengutip dari Orami.co.id, bukannya tertarik, orang dengan Venustraphobia justru akan mengalami reaksi phobia tak biasa yang membuatnya justru mengalami kecemasan.

Orang yang menderita kondisi ini juga sama sekali tidak bisa berada di dekat wanita yang menurutnya cantik dan menarik.

Kondisi ini biasanya menyebabkan beragam gejala tertentu yang membuat penderitanya bisa sampai pingsan dan dilanda kecemasan luar biasa.

Tak perlu sampai berinteraksi, orang dengan Venustraphobia bisa mengalami kekambuhan hanya dengan melihatnya saja bahkan dari kejauhan.

Baca Juga: Awas, Ini 5 Dampak Buruk Pakai Jam Tangan Setiap Saat

Meski lebih sering terjadi pada pria, Venustraphobia dapat diderita oleh pria dan wanita tanpa memandang orientasi seksual mereka.

Melansir Grid.id, meskipun melihat wajah cantik kemungkinan besar tidak akan mempengaruhi siapa pun, tetapi sejumlah kecil orang yang melihat perempuan cantik akan merasakan semacam gairah (yaitu secara seksual atau non-seksual), dan sejumlah kecil lainnya akan merasa cemas ketika di situasi yang sama.

Dalam minoritas ekstrem orang yang menemukan apa yang dianggap sebagai "perempuan cantik", adalah mereka yang mengalami kecemasan yang begitu intensif dan mengganggu sehingga mereka mungkin benar-benar merasa mual hanya dengan melihat perempuan cantik. 

Begitu pula yang terjadi dengan mereka yang menderita Venustraphobia.

Wajar jika seseorang merasa sedikit gugup saat berkencan dengan perempuan cantik.

Faktanya, jika kamu tidak cemas dalam situasi seperti itu, mungkin berarti kamu tidak terlalu tertarik untuk berada di sana sejak awal.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Bahaya Terlalu Banyak Makan Pedas

Seseorang yang mengalami Venustraphobia besar kemungkinan juga, memiliki harga diri yang sangat rendah dan mungkin merasa tidak mampu karena ketidakmampuan mereka untuk mengendalikan cara pikiran dan reaksi tubuh mereka saat berada di sekitar perempuan cantik.

Venustraphobia bisa memiliki efek yang cukup merugikan pada kehidupan seseorang. Pada ranah pekerjaan, kondisi ini bisa mempersulit kerja tim dan mengurangi produktivitas.

Sementara pada ranah sosial hal ini tentu saja membatasi penderitanya untuk bersosialisasi dengan banyak orang.

Namun, ada beberapa pengobatan yang bisa bantu mengatasi Venustraphobia, yaitu:

  1. Berhadapan langsung dengan objek yang ditakuti
  2. Teknik relaksasi
  3. Terapi kognitif perilaku
  4. Olahraga atau yoga
  5. Komsumsi obat antidepresan sesuai dengan resep dokter. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga