adplus-dvertising

Mengenang pahlawan UKM Seni IAIN Kendari Gelar Teaterikal

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 11 November 2019
2752 dilihat
Mengenang pahlawan UKM Seni IAIN Kendari Gelar Teaterikal
Aksi Teatrikal UKM-Seni IAIN Kendari di pelataran gedung terpadu. Foto: Istimewa

" Teaterikal kali ini kami mengangkat pahlawan wanita yaitu Marsinah yang memperjuangkan hak para buruh pabrik pada tahun 1993, tetapi malah dibungkam oleh penguasa, karena bagi kami bukan cuman orang yang berjuang untuk memerdekakan indonesia saja yang bisa disebut pahlawan. "

KENDARI. DITELISIK ID - Berbagai cara dilakukan untuk memeringati hari pahlawan. Salah satunya dilakukan Unit Kegiatan Mahasiswa Seni (UKM-Seni) IAIN Kendari. UKM Seni menggelar aksi teatrikal mengenang jasa para pahlawan di pelataran Gedung terpadu IAIN Kendari. Senin (11/11/2019).

"Teaterikal kali ini kami mengangkat pahlawan wanita yaitu Marsinah yang memperjuangkan hak para buruh pabrik pada tahun 1993, tetapi malah dibungkam oleh penguasa, karena bagi kami bukan cuman orang yang berjuang untuk memerdekakan indonesia saja yang bisa disebut pahlawan,” ujar Kepala Bidang Teater Sarman.

Marsinah dan para buruh yang digambarkan pada teaterikal tersebut, diculik serta mendapat penyiksaan dari komplotan sampai Marsinah pun dibakar dihadapan para buruh lainnya karena terus melakukan perlawanan.


Aksi tersebut ditutup oleh lantunan indah puisi yang ditulis oleh Sapardi Djoko Darmono yang berkisah tentang marsinah.

Aksi teatrikal ini mendapat apresiasi dari Dosen yang sempat melihat pementasan tersebut.

Ketua umum UKM Seni IAIN Kendari, Saprilnia Rasyid berharap seluruh kader terus berkarya dan mengembangkan kreatifitas seninya karena seni itu tak terbatas.

Reporter: M1
Editor: Ibnu

Baca Juga