Mengintip Kekayaan 9 Bakal Calon Presiden 2024, Siapa Paling Tajir?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 18 Juni 2022
0 dilihat
Mengintip Kekayaan 9 Bakal Calon Presiden 2024, Siapa Paling Tajir?
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dikabarkan masuk dalam bursa pencalonan presiden 2024. Foto: Repro Media Indonesia

" Daftar kekayaan bakal calon presiden (capres) 2024 terungkap ke publik melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diunggah di situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) "

KENDARI, TELISIK.ID - Daftar kekayaan bakal calon presiden (capres) 2024 terungkap ke publik melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diunggah di situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Nama-nama prominen seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan pun dikabarkan bakal maju dalam kontestasi politik lima tahunan ini. Lalu, di antara mereka siapakah yang paling kaya?

Berikut Telisik.id merangkumnya dilansir dari berbagai sumber.

1. Anies Baswedan

Melansir Suara.com jaringan Telisik.id, Gubernur DKI Jakarta itu punya harta kekayaan sekitar Rp 10,95 miliar dalam pelaporannya tahun 2021. Harta terbesar Anies adalah enam tanah dan bangunan dengan nilai Rp 14,7 miliar. Anies juga memiliki tiga kendaraan dengan total nilai Rp 550 juta.

Tiga kendaraan itu adalah mobil Honda Odyssey tahun 2016, motor Vespa tahun 1986, dan motor Kawasaki EX250V tahun 2018. Selain itu, Anies juga memiliki harta bergerak lainnya Rp 1,36 miliar, surat berharga Rp 61 juta, kas Rp 1,2 miliar, harta lainnya Rp 659 juta, dan utang Rp 7,6 miliar.

2. Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo punya harta kekayaan sekitar Rp 11,78 miliar. Hal itu merujuk LHPKN pada tahun lalu. Sumber terbanyak hartanya adalah dari kas yakni Rp 6,8 miliar, disusul delapan bidang tanah dan bangunan dengan total nilai Rp 2,6 miliar. Aset-aset ganjar tersebar di Purbalingga hingga Bogor. Lelaki kelahiran Karanganyar itu juga memiliki empat mobil dan dua motor dengan rentang harga Rp 10 juta hingga Rp 620 juta serta harta bergerak lain senilai Rp 705 juta.

3. Erick Thohir

Total harta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ternyata melebihi Prabowo Subianto, yakni mencapai Rp 2,3 triliun. Harta terbesar Erick berasal dari surat berharga dengan total nilai Rp 1,72 triliun. Eks Presiden Inter Milan ini juga menguasai 34 bidang tanah dan bangunan dengan nilai setara Rp 364,2 miliar.

4. Sandiaga Uno

Baca Juga: Jokowi Sambut Presiden Republik Federal Jerman di Istana Bogor

Melansir Tempo.co, total harta Menteri Pariwisata ini mencapai Rp 10,6 triliun, yang sebagian besar adalah surat berharga yang mencapai Rp 9,7 triliun. Sandi juga punya utang sebesar Rp 289 miliar.

5. Puan Maharani

Ketua DPR RI ini terakhir melaporkan harta ke KPK untuk periode 2020, berdasarkan laman LHKPN. Harta Puan saat itu mencapai Rp 382 miliar, di mana bagian terbesar adalah surat berharga dengan jumlah Rp 222 miliar. Puan juga punya utang Rp 53 miliar.

6. Andika Perkasa

Panglima TNI ini terakhir melaporkan harta kekayaan pertengahan 2021 saat masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Kala itu, harta kekayaan Andika mencapai Rp 179 miliar, yang didominasi oleh kas dan setara kas Rp 129,9 miliar. Andika saat itu tidak punya utang.

7. Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat ini juga terakhir melaporkan harta ke KPK untuk periode 2020, berdasarkan laman LHKPN. Harta Emil, sapaan Ridwan, mencapai Rp 20,1 miliar pada saat itu, di mana bagian terbesar adalah tanah dan bangunan yang mencapai Rp 18,4 miliar. Emil juga punya utang Rp 4,3 miliar.

Baca Juga: DPR Soroti Rencana Kemenkeu Pengenaan Cukai Ban Karet, BBM hingga Detergen

8. Agus Harimurti Yudhoyono

Ketua Umum Partai Demokrat ini terakhir melaporkan harta kekayaan pada Oktober 2016 karena menjadi calon Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. AHY, sapaan Agus, juga tidak melaporkan lagi karena bukan menjadi pejabat publik.

Saat itu, harta AHY mencapai Rp 15,2 miliar dan dolar senilai US$ 511 ribu. Bagian terbesar yaitu giro dan setara kas dengan jumlah Rp 6,9 miliar dan US$ 511 ribu. AHY saat itu juga tidak punya utang.

9. Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto adalah salah satu bakal capres dengan harta mencapai Rp 2 triliun. Harta terbesar purnawirawan jenderal itu berbentuk surat berharga dengan total nilai Rp 1,7 triliun. Prabowo juga punya tanah dan bangunan sebanyak 10 aset. Total aset Prabowo itu bernilai Rp 275,32 miliar. Petinggi Gerindra tersebut pun punya tujuh mobil dengan nilai beragam mulai Rp 50 juta sampai Rp 400 juta. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga