Mengulik Keindahan Gua Moko Baubau yang Belum Tersekspose

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Senin, 24 April 2023
0 dilihat
Mengulik Keindahan Gua Moko Baubau yang Belum Tersekspose
Gua Moko memiliki kedalaman 20 meter yang cocok untuk freediving. Foto: Repro Instagram Kharisma

" Masyarakat menyebutnya Gua Moko karena konon pada masa lalu, lokasi ini digunakan sebagai sumber mata air yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari karena tak pernah kering "

KENDARI, TELISIK.ID – Tak lengkap rasanya mengunjungi Kota Baubau tanpa mampir ke Gua Moko. Lokasinya cukup dekat dengan Pantai Nirwana. Gua Moko merupakan salah satu destinasi wisata yang belum terekspose.

Sulawesi Tenggara banyak menyimpan keindahan alam yang menakjubkan. Berbeda dengan objek wisata lainnya, Gua Moko terletak di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, memiliki kedalaman 20 meter, tak jarang digunakan sebagai freediving oleh beberapa komunitas pecinta selam.

Gua Moko memiliki air payau yang terasa sejuk. Pengunjung dapat langsung mencoba menyelam. Dinginnya air menyegarkan dan menggerakkan hati siapa saja yang datang untuk berenang merasakan kesegaran airnya.

Dilansir dari Backpacker.Jakarta, masyarakat Kelurahan Sula menyebutnya Gua Moko karena konon pada masa lalu, lokasi ini digunakan sebagai sumber mata air yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari karena tak pernah kering.

Jarak Gua Moko dari pusat Kota Baubau sekitar 9 km. Akses menuju lokasi wisata ini, dari jalan umum dapat dilalui kendaraan. Jika ditelusuri, sepanjang kawasan Gua Moko menuju Pantai Nirwana terdapat terowongan memanjang dan dipenuhi sumber mata air payau.

Baca Juga: Sepenggal Surga Keindahan Desa Wisata Kulati Kabupaten Wakatobi

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, kita bisa berangkat dari Kota Kendari menggunakan pesawat di Bandara Halu Oleo Kendari tujuan Kota Baubau. Sedangkan jalur laut dapat ditempuh menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Nusantara Kendari Menuju Pelabuhan Murhum.

Goa Moko masih sangat terjaga kelestarian alamnya, namun keindahannya bisa dikembangkan agar pengunjung dapat menikmatinya. Foto: Ist.

 

Selain itu, bagi yang mau membawa kendaraan, bisa melewati jalur darat di penyeberangan Pelabuhan Feri Amolengo  atau Pelabuhan Feri Torobulu. Melewati jalur darat dan membawa kendaraan pribadi, membuat kita lebih luluasa mengunjungi tempat wisata ini.

Dalam postingan instagram milik @kharisma_wardhana, tampak keindahan Gua Moko yang suasananya masih sangat alami. Ia juga menyertakan beberapa foto menarik menggambarkan keadaan di sana yang masih terjaga.

Baca Juga: Keindahan Pulau Seribu Bagan di Selat Tiworo Muna Barat, Penghasil Ikan Teri

‘’Gua Moko masih alami gak ada plakat, gak ada petunjuk arah tapi keren. Awal nyebur agak ngeri-ngeri tapi epic sih ini gua,’’ tulis Kharisma.

Selain itu, salah seorang masyarakat Baubau, Astika yang pernah mengunjungi Gua Moko menjelaskan, banyak yang belum tau tempat wisata ini. Banyak pengunjung datang ke Pantai Nirwana tapi tidak mengetahui bahwa di dekatnya ada gua indah.

‘’Keren sekali. Harapannya tempat wisata ini bisa dikembangkan, jadi kalau ada yang mau datang bisa tau arahnya dan petunjuk masuknya, berhubung tempat ini belum ada yang kelola dan tidak ada juga biaya masuknya," ucapnya kepada Telisik, Senin (22/5/2023). (A-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga