Menilik Konsistensi PKS Pasca Anies Baswedan Memilih Cak Imin

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 03 September 2023
0 dilihat
Menilik Konsistensi PKS Pasca Anies Baswedan Memilih Cak Imin
Ketua DPW PKS Sulawesi Tenggara, Yaudu Salam Ajo menegaskan, saat ini PKS masih konsisten pada keputusan MMS VIII yang mendukung Anies Rasyid Baswedan sebagai bacapres di Pilpres 2024. Foto: Telisik

" DPW PKS Sulawesi Tenggara melalui ketuanya, Yaudu Salam Ajo menegaskan, PKS sampai saat ini masih konsisten pada keputusan Musyawarah Majelis Syuro (MMS) VIII "

KENDARI, TELISIK.ID - Konsistensi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung Anies Rasyid Baswedan sebagai bacapres di Pilpres 2024, terlihat pasca Anies mendeklarasikan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menjadi Bacawapres Anies.

Setelah Anies Baswedan memilih Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bacawapres, Partai Demokrat memilih hengkang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

DPW PKS Sulawesi Tenggara melalui ketuanya, Yaudu Salam Ajo menegaskan, PKS sampai saat ini masih konsisten pada keputusan Musyawarah Majelis Syuro (MMS) VIII, mendukung Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024.

"Arahannya masih seperti itu bahwa sambil menunggu perkembangan terbaru, sampai hari ini PKS masih tetap konsisten dengan keputusan hasil rapat Majelis Syuro yang memutuskan atau merekomendasikan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden," kata Yaudu, Jumat (1/9/2023).

Yaudu menilai kabar masuknya Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Bacawapres Anies, menjadi sebuah dinamika yang diketahui, keputusan tersebut belum final.

Baca Juga; Deklarasi di Surabaya, Pasangan Anies-Muhaimin Didoakan Kyai di Makkah

Mantan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara 3 periode ini melanjutkan bahwa tetap ada kemungkinan tiga partai penggagas KPP yakni Partai Demokrat, PKS dan Partai NasDem masih akan tetap bersama dalam satu koalisi.

"Masing-masing partai kan punya mekanisme sendiri-sendiri. Kalau diikat dalam koalisi bersama, kalau memang masih sependapat ya kan itu masih bisa saja tetap (tetap bersama)," jelasnya.

Dilansir dari Tempo.co, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini menegaskan, PKS tetap mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden untuk Pemilu 2024 setelah rencana duet dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Jazuli Juwaini menegaskan, sikap Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS tetap mendukung Anies Rasyid Baswedan sebagai Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Menurut Jazuli Juwaini, sikap PKS tidak berubah sesuai Keputusan Musyawarah Majelis Syura (MMS) VIII yang memutuskan PKS mendukung Anies sebagai capres.

Baca Juga: Dukung Duet AMIN di Pilpres, PKS Ogah Ikut Demokrat Cabut Dukungan

"PKS konsisten mengusung amanat MMS VIII tersebut. Struktur dan kader PKS selama ini juga all out mengenalkan dan mensosialisasikan Anies Baswedan ke seluruh pelosok Tanah Air," kata Jazuli dalam keterangan tertulis, Jumat (1/9/2023).

Anggota Komisi I DPR RI ini berpendapat, apa yang terjadi saat ini merupakan dinamika politik yang menguji kebersamaan. Ia menuturkan, semua kubu koalisi bakal calon presiden mengalami dinamika yang sama. Menurutnya, KPP sendiri sebenarnya juga telah menyusun dan menyepakati Piagam Koalisi yang salah satu poinnya adalah penentuan cawapres ditentukan oleh Anies Baswedan.

"Ada reaksi itu wajar saja, karena setiap partai tentu punya sikap dan harapan masing-masing. PKS selalu menghormati sikap dan keputusan setiap partai,” kata dia. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga