Meninggal Dunia, Pria ini Tinggalkan 38 Istri, 89 Anak, dan 36 Cucu

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Selasa, 15 Juni 2021
0 dilihat
Meninggal Dunia, Pria ini Tinggalkan 38 Istri, 89 Anak, dan 36 Cucu
Anggota keluarga Chana berfoto bersama di luar kediaman mereka di negara bagian Mizoram pada 7 Oktober 2011. Foto: Repro Reuters

" Seorang pria Asal India telah meninggal dunia, dengan meninggalkan 38 istrinya, 89 anak dan 36 cucu. "

NEW DELHI, TELISIK.ID - Seorang pria Asal India telah meninggal dunia, dengan meninggalkan 38 istrinya, 89 anak dan 36 cucu.

Pria bernama Ziona Chana itu diketahui sebagai kepala keluarga terbesar di dunia. Semasa hidupnya ia menganut sekte agama yang mempraktekkan poligami.

Namun di usianya 76 tahun, ia menghembuskan nafas terakhir akibat menderita diabetes dan hipertensi.

 

Rumah berlantai empat tempat tinggal Chana beserta kelaurga besarnya. Foto: Repro BBC.com

 

Mengutip dari Okezone.com, berita meninggalnya Ziona Chana dikonfirmasi Kepala Menteri Mizoram, Zoramthanga melalui akun Twitternya dengan menyampaikan belasungkawa.

Mengutip laporan BBC.com, dokter mengatakan, kondisi Chana sudah memburuk sejak ia dilarikan dari kediamanya Desa Baktawng Tlangnuam menuju rumah sakit.

Saat kedatangannya ke rumah sakit yang diantar oleh anak serta para istrinya pada Minggu malam (13/6/2021), diapun dinyatakan meninggal saat itu juga.

Baca juga: Temui Warganya, Presiden Prancis Emmanuel Macron Malah Ditampar

Baca juga: Wow! Jualan Obat Saat Pandemi COVID-19, Pria Ini Jadi Orang Terkaya

Saat ini, sulit memperkirakan jumlah pasti keluarga Chana. Tetapi untuk laporan terbarunya, dia memiliki 39 istri, 94 anak, 33 cucu dan satu cicit, sehingga total memiliki anggota keluarga 181 orang.

Sementara itu, berbagai laporan berita lokal menyebutkan bahwa Chana sebagai pemegang rekor dunia untuk sebuah keluarga besar.

Keluarga ini sebelumnya sempat tampil dua kali di acara TV populer Ripley's Believe it or Not. Dengan demikian Chana dan keluarganya pun menjadi terkenal dan menarik wisatawan ke desa mereka di bagian timur laut India.

Keluarga besar ini juga tinggal bersama di sebuah rumah berlantai empat dengan 100 kamar. Di rumah yang berlantai empat tersebut ia dan para Istrinya berbagi kamar tidur.

Menurut Reuters, Chana lahir pada tahun 1945. Dia bertemu dengan istri tertuanya tiga tahun lebih tua darinya saat itu Chana berusia 17 tahun.

Sekte yang dianut Chana yang memperbolehkan poligami bagi laki-laki ini sebenarnya didirikan oleh sang kakek pada 1942.

Hingga saat meninggalnya, Chana  memiliki sekitar 2.000 pengikut. Mereka semua tinggal di sekitar rumahnya di Desa Baktawng Tlangnuam, sekitar 55 km (34 mil) dari ibu kota Mizoram, Aizawl. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga