Menkes Klaim Cakupan Vaksinasi Indonesia Masuk Peringkat 5 Besar Dunia

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 07 Januari 2022
0 dilihat
Menkes Klaim Cakupan Vaksinasi Indonesia Masuk Peringkat 5 Besar Dunia
Ilustrasi vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Foto : Antara

" Indonesia berhasil masuk dalam jajaran lima besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi nasional untuk segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Saat ini Indonesia berhasil masuk dalam jajaran lima besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia.

Mencatatkan cakupan vaksinasi sebanyak 166,65 juta sasaran, Indonesia menempati urutan ke-4 setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, kemudian diikuti Brazil di peringkat kelima.

“Berdasarkan data Our World in Data per 4 Januari 2022, Indonesia sudah menyuntikkan vaksin COVID-19 sebanyak 283.554.361 dosis. Capaian ini berhasil mengantarkan Indonesia menjadi satu dari lima negara dengan cakupan vaksinasi terbanyak di dunia,” kata Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, Jumat (7/1/2022).

Ia mengungkapkan, berdasarkan data Kemenkes, hingga 6 Januari pukul 18.00 WIB, cakupan vaksinasi nasional telah mencapai 284,15 juta dosis.

Baca Juga: Jaringan Media Siber Indonesia Sah Jadi Konstituen Dewan Pers

Suntikan dosis pertama mencapai 168,33 juta dosis atau 80,83 persen dan dosis kedua 115,82 juta dosis atau 55,61 persen dari target.

Budi menyampaikan, raihan ini tidak terlepas dari dukungan dan upaya bersama dari seluruh elemen bangsa mulai dari kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, organisasi sosial, organisasi keagamaan, pelaku usaha, hingga masyarakat dalam menyukseskan program vaksinasi nasional.

Untuk itu, Budi mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sehingga bisa berjalan dengan baik.

Pemerintah akan terus menggenjot cakupan vaksinasi nasional bagi 208,2 juta penduduk yang ditargetkan akan selesai pada Maret atau April mendatang.  

Baca Juga: Ribut Cuitan Ferdinand Allahmu Lemah, Mahfud MD: Kalau Gus Dur Bilang, Allah Tak Perlu Dibela

Kendati terdapat tambahan jumlah sasaran yakni anak usia 6-11 tahun serta tambahan untuk vaksinasi dosis lanjutan atau booster mulai 12 Januari mendatang, Menkes meyakini jumlah vaksin yang tersedia masih mencukupi.

“Sekarang kita ada stok vaksin sekitar 140 juta dosis, kita targetkan kecepatan vaksinasi kita 50 juta sasaran dalam kurun waktu satu bulan. Kita juga sudah siapkan untuk vaksinasi booster untuk mengantisipasi Omicron. Jadi dipastikan stoknya masih ada,” ujarnya.

Menkes kembali mengingatkan, meski jumlah populasi yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 terus meningkat ancaman penularan COVID-19 masih ada.

Oleh karena itu, vaksinasi harus terus berjalan untuk mempercepat tercapainya herd immunity.

"Selain itu, protokol kesehatan juga harus benar-benar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk memberikan perlindungan yang optimal," tandasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Kardin

Baca Juga