adplus-dvertising

Menpora: 76 Tahun Merdeka, Indonesia Baru Punya Desain Olahraga Nasional

Andi Sulthan Mujahidin, telisik indonesia
Senin, 15 Maret 2021
1780 dilihat
Menpora: 76 Tahun Merdeka, Indonesia Baru Punya Desain Olahraga Nasional
Konferensi Pers Menpora yang disiarkan oleh akun YouTube Sekretariat Presiden. Foto: screenshot siaran YouTube

" Menpora juga merencanakan akan membuat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah dengan menyesuaikan potensi yang ada. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amalia dalam jumpa persnya menerangkan Indonesia telah merdeka sejak 76 Tahun yang lalu, tetapi belum memiliki grand desain olahraga nasional.

Untuk menjawab persoalan itu, Menpora menyampaikan telah melakukan pembahasan Terkait Grand Desain Olahraga Nasional pada rapat terbatas yang dihadiri oleh Menteri terkait di Kantor Presiden, Senin (15/03/21).

Dalam jumpa persnya yang disiarkan oleh akun YouTube sekretariat presiden pada Senin (15/3/21), Menpora mengemukakan Presiden Jokowi meminta Menpora untuk melakukan review total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional, penggunaan big data, dan menjadikan sport sains sebagai unsur utama dalam pembinaan olahraga nasional.


"Alhamdulillah atas arahan bapak Presiden pada saat beliau memberikan sambutan, dan arahan pada peringatan ormas ke-37 pada tanggal 9 September 2020, ada beberpa hal yang beliau arahkan kepada kami," ungkap Menpora Zainudin Amalia.

Selanjutnya, Menpora menyusun desain besar tentang olahraga nasional, yang bekerjasama dengan Stakhoolder lainnya seperti KONI, Komite Olimpiade Indonesia, NPC, perguruan tinggi, para akademisi, dan para praktisi di bidang olahraga.

Baca Juga: Tahun Ini Muna Timur Raya Dapat Kucuran Dana Rp 47 Miliar

"Pasca mendapat perintah dan arahan dari Presiden, kami membuat grand desain olahraga nasional dan kemudian kami mendatangi kota-kota, serta perguruan tinggi untuk uji publik desain olahraga nasional," lanjutnya.

Desain besar dari hulu ke hilir secara total sejak dari kebugaran masyarakat, yang menjadi sumber potensi dan talenta atlit-atlit nasional.

Menpora juga merencanakan akan membuat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah dengan menyesuaikan potensi yang ada.

"Kami merencanakan akan membuka 10 sentra pemusatan latihan menyesuaikan potensi talenta, terutama ketika di sekolah dasar," ujar Zainudin Amalia.

Sentra-sentra ini akan berisi anak-anak yang sudah terseleksi usia SMP, sedang usia SMA akan didorong ke cibubur tempat SKOSKO. 

Lebih lebih, Menpora juga akan melihat Hambalang sebagai Sentra antit senior dan atlit yang sudah siap bertanding.

Desain besar ini ditarget hingga sampai pada 2045 yang dipecah menjadi bebrapa target, di antaranya taget menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Target besar ini sampai pada 2045, dengan harapan di Olimpiade 2032 kita bisa menang biding dan menjadi tuan rumah," tuturnya.

Baca Juga: Puskesmas Wakorsel Dipersiapkan Jadi RS Pratama

Selanjutnya pada 2023, juga ditargetkan untuk prestasi Indonesia masuk dalm 10 besar baik pada Olimpiade atau para limpiade untuk atlit disebebilitas.

Dimana semua akan dirumuskan lagi hingga melahirkan sebuah keputusan dari Presiden.

"Desain besar ini akan kita dorong karena ini adalah suatu perencanaan tentang prestasi olahraga kita yang jangka panjang," pungkasnya. (B)

Reporter: Andi Sulthan Mujahidin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga