adplus-dvertising

Mensos Turun Langsung Pastikan Bansos Pemerintah Tepat Sasaran

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Kamis, 19 November 2020
850 dilihat
Mensos Turun Langsung Pastikan Bansos Pemerintah Tepat Sasaran
Menteri Sosial, Juliari P Batubara. Foto: Ist.

" Kalau saya yang ditanya, pastinya tepat sasaran, karena kalau tidak tepat pasti di bawahnya sudah pusing. Dan saya kan juga sering cek langsung turun ke lapangan (memantau penyaluran, red). "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara mengatakan, bantuan sosial (Bansos) yang diberikan pemerintah kepada masyarakat di masa pandemi COVID-19, sudah tepat sasaran.

Meskipun, kata dia, dalam penyaluran di lapangan masih terjadi sedikit permasalahan yang terus diperbaiki. Namun, Mensos pastikan penyaluran tepat sasaran karena dirinya turun langsung ke lokasi pembagian.

“Kalau saya yang ditanya, pastinya tepat sasaran, karena kalau tidak tepat pasti di bawahnya sudah pusing. Dan saya kan juga sering cek langsung turun ke lapangan (memantau penyaluran, red),” kata Menkes Juliari dalam acara diskusi Dialektika Demokrasi bertajuk ‘Bantuan Sosial Apakah Sudah Tepat Sasaran?, di Gedung Nusantara III DPR RI, Kamis (19/11/2020).


Menurut Mensos, upaya ketepatan sasaran dalam penyaluran Bansos, sebagai bentuk menjalankan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sebagaimana arahan dari pak Presiden, dimana ada dua bidang yang harus diintensifkan, yakni kesehatan dan sosial. Yang akhirnya, kami langsung melakukan kordinasi dengan mitra kami komisi VIII di DPR,” ucapnya.

Baca juga: DPR Apresiasi Mendagri Copot Kepala Daerah Langgar Protkes COVID-19

Ia juga mengatakan, Kementerian Sosial dalam memberikan penyaluran tentu melakukan evaluasi perbaikan dengan cepat, untuk meminimalisir Bansos tidak tepat sasaran.

Menkes melanjutkan, di tengah kondisi upnormal saat ini baik masyarakat maupun pemerintah tidak pernah mempersiapkan bencana wabah seperti ini.

“Jadi kami yakin sasarannya tepat, ya memang ga mungkin sempurna dan memang tidak ada yang sempurna, yang namanya manusia pasti ada kekurangan, penyerapan anggaran kita juga lumayan bagus,” ujar politisi PDIP ini.

Juliari mengungkapkan, Pemerintah bisa seperti ini juga karena berkoordinasi, dan komunikasi dengan Komisi VIII DPR RI sangat baik.

“Tak pernah sama sekali ada permasalahan-permasalahan yang berarti selama berkoordinasi,” pungkas Menkes. (C)

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga