Mentan Gelar Panen Raya Perdana di Konsel

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Kamis, 22 Oktober 2020
0 dilihat
Mentan Gelar Panen Raya Perdana di Konsel
Persiapan panen raya perdana di Konsel oleh Mentan, Syahrul Yasin Limpo. Foto: Ist.

" Panen di Konsel ini menandakan bahwa kita siap dan tidak kesulitan menyediakan makanan untuk 273 juta orang penduduk Indonesia meskipun di tengah wabah. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo berkunjung di Konawe Selatan (Konsel) pada Kamis (22/10/2020).

Kunjungan tersebut, dalam rangka melakukan panen raya padi bersama Plt Bupati Konsel, Arsalim Arifin di Desa Cialam Jaya, Kecamatan Konda.

Padi yang dipanen Mentan bersama Plt Bupati Konsel tersebut, menggunakan mesin combine harvester jenis varietas inpari 33 dan jenis sertani. Total hamparan panen seluas 178,5 Hektare dengan rata-rata provitas 5-6 Ton/Hektare.

Di lokasi panen, Mentan yang biasa disapa SYL ini menyampaikan apresiasi kepada Pemda setempat dan para petani serta pemerhati pertanian daerah Konsel karena turut memberikan kontribusi besar terhadap persediaan pangan dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurutnya, kegiatan panen hari ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah melalui Mentan dalam meningkatkan ketersediaan pangan di masa pandemi COVID-19.

"Panen di Konsel ini menandakan bahwa kita siap dan tidak kesulitan menyediakan makanan untuk 273 juta orang penduduk Indonesia meskipun di tengah wabah," ujarnya.

Baca juga: Irman YL Pastikan Tak Sulit Wujudkan Program BPJS Kesehatan Gratis di Makassar

SYL menjelaskan, kebutuhan pangan merupakan hal vital yang wajib tersedia setiap saat, yang mana bila diibaratkan dengan pakaian atau kendaraan jika rusak masih bisa ditunda untuk dibeli atau di maintenance, beda dengan kebutuhan pokok harus terus berproduksi.

"Itulah mengapa petani merupakan pejuang bangsa dan negeri dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Untuk itu, mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode ini memberikan motivasi dan mendorong Pemda dan petani Konsel untuk tetap maju dengan menjadi pahlawan nasional di bidang pemenuhan pangan rakyat Indonesia, khususnya Sultra.

Untuk diketahui, sebelum panen raya, Mentan turut mendampingi Presiden Jokowi dalam meresmikan Pabrik Gula di Kabupaten Bombana dan Jembatan Teluk Kendari.

Pada kesempatan itu, SYL mengadakan silaturahmi dan berdialog langsung dengan perwakilan sembilan kelompok tani Desa Cialam jaya.

Turut mendampingi, pejabat Kementan di antaranya Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen Sarana dan Prasarana Pertanian, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Dirjen Perkebunan. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga