Menuju New Normal, Ini Peraturan Kemenhub Buat Transportasi Laut

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Rabu, 10 Juni 2020
0 dilihat
Menuju New Normal, Ini Peraturan Kemenhub Buat Transportasi Laut
Kapal feri. Foto: Internet.

" Bagi penumpang misalnya, memiliki tanggungjawab atas kesehatannya masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan serta mematuhi ketentuan yang berlaku. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan aturan tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dengan transportasi laut dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman COVID-19, yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2020.

Surat Edaran ini terbit menyusul ditetapkannya Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 41 Tahun 2020 tentang perubahan atas Permenhub Nomor 18 Tahun 2020 tentang pengendalian transportasi, dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19, dan Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif, dan aman COVID-19.

“Surat Edaran ini tidak lagi mengatur siapa yang pergi atau membatasi siapa yang naik. Tetapi siapapun boleh berpergian dengan kapal laut namun harus tetap memenuhi prinsip protokol kesehatan termasuk physical distancing,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo saat Konferensi Pers Virtual tentang Peraturan Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19 Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19 di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Menurutnya, dalam pengoperasian transportasi laut pada masa adaptasi kebiasaan baru ini, telah ditetapkan kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap penumpang, operator kapal penumpang, operator terminal penumpang dan Syahbandar pada pelabuhan embarkasi/debarkasi.

"Bagi penumpang misalnya, memiliki tanggungjawab atas kesehatannya masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan serta mematuhi ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Baca juga: Sidang Perdana Praperadilan Ruslan Buton Digelar Hari ini

Selain itu, setiap penumpang wajib menunjukan tiket, boarding pass, identitas diri beserta dokumen persyaratan lainnya. Khusus bagi penumpang yang berasal dari luar negeri harus melakukan PCR test pada saat kedatangan di pelabuhan dalam negeri.

"Setiap penumpang diminta agar mengaktifkan aplikasi 'Peduli Lindungi' pada perangkat telepon seluler yang bisa diunduh melalui Appstore ataupun Playstore," ucapnya.

Terkait dengan jumlah kapasitas penumpang yang diperbolehkan untuk di atas kapal, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menegaskan bahwa, kapasitas penumpang disesuaikan dengan karakteristik kapal dengan tetap menggunakan prinsip protokol kesehatan.

Begitupun bagi operator kapal penumpang dan operator terminal penumpang, wajib melakukan pemeriksaan kesehatan bebas COVID-19 secara rutin serta selalu menerapkan protokol kesehatan terhadap karyawan, awak kapal ataupun personil operasional lainnya, yang meliputi jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan.

"Fasilitas tempat cuci tangan, hand sanitizer dan penyediaan masker di atas kapal dan di terminal penumpang juga wajib disediakan, termasuk penyediaan sarana pengecekan (check point) pada akses utama keluar/masuk terminal penumpang," ungkapnya.

Hal penting lain yang harus dilakukan operator kapal yakni, memastikan calon penumpang memenuhi dokumen persyaratan perjalanan sebelum diberikan tiket, menerapkan jaga jarak dan mengatur antrian di loket tiket serta tetap memberikan layanan pemesanan tiket tanpa menaikan tarif serta melayani proses refund/reroute/reschedule bagi penumpang.

Baca juga: Pengambilan Paksa PDP COVID-19, Dokter Buka Suara

Sedangkan pelaksanaan pemeriksaan suhu tubuh terhadap setiap orang saat keluar/masuk pelabuhan, penyiapan prosedur tetap penanganan keadaan darurat dan penyediaan akomodasi karantina khusus di pelabuhan menjadi kewajiban operator terminal penumpang.

"Dalam Surat Edaran ini juga mengatur tanggungjawab Syahbandar pada pelabuhan embarkasi/pelabuhan debarkasi dalam melakukan tindakan pengawasan. Sebagai regulator di pelabuhan, Syahbandar tentu harus selalu menerapkan pendisiplinan protokol kesehatan COVID-19 seperti jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan," jelasnya.

Adapun tugas pendisiplinan dan pengawasan protokol kesehatan COVID-19 tersebut, dilakukan Syahbandar bersama-sama dengan unsur penyelenggara pelabuhan, kantor kesehatan pelabuhan, Polisi, TNI, Pemerintah Daerah, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Daerah, operator terminal dan instansi terkait lainnya.

Lebih lanjut, Syahbandar dapat menunjuk petugas untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan Surat Edaran ini dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD), juga berhak menghentikan atau melakukan pelarangan perjalanan penumpang yang melakukan pelanggaran terhadap pelaksanaannya.

“Intinya, pengendalian transportasi yang dilakukan menitikberatkan pada aspek kesehatan, karena Kementerian Perhubungan berupaya untuk menyediakan transportasi agar masyarakat baik itu petugas maupun penumpang tetap bisa produktif namun tetap aman dari potensi penyebaran COVID-19 sebagaimana arahan Bapak Menhub,” pungkasnya.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Sumarlin

Baca Juga