Menyaksikan Keindahan Alam dari Puncak Osu Mohai Konawe Selatan

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 24 Mei 2023
0 dilihat
Menyaksikan Keindahan Alam dari Puncak Osu Mohai Konawe Selatan
Menyaksikan keindahan alam di puncak bukit Osu Mohai yang terletak di Desa Leleka, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan. Foto: Fb Fitriani Lutfyah Rahim

" Menyaksikan keindahan alam dari puncak bukit memang menjadi pilihan banyak orang. Di Sulawesi Tenggara sendiri, ada beberapa puncak yang bisa dijadikan sebagai tempat menikmati keindahan alam, salah satunya di puncak bukit Osu Mohai yang terletak di Desa Leleka, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyaksikan keindahan alam dari puncak bukit memang menjadi pilihan banyak orang. Di Sulawesi Tenggara sendiri, ada beberapa puncak yang bisa dijadikan sebagai tempat menikmati keindahan alam, salah satunya di puncak bukit Osu Mohai yang terletak di Desa Leleka, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan.

Bukit Osu Mohai menjadi salah satu destinasi wisata pilihanan untuk pengunjung yang ingin camping bersama teman dan kerabat dekat. Selain menjanjikan keindahan yang sejuk dipandang mata di pagi hari, Osu Mohai juga dekat dari pusat Kota Kendari sehingga mudah terjangkau. Hanya dengan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai di titik pendakian.

Apabila ingin ke sana, pendaki bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Karena di bawah puncak terletak lahan yang cukup luas untuk menampung kendaraan. Namun dari bawah menuju puncak, para pendaki harus mengeluarkan tenaga untuk mencapai puncak dengan berjalan mendaki sekitar 30 menit atau dengan jarak 240 meter.

Baca Juga: Intip Aktivitas Terapung Suku Bajo di Desa Wisata Batu Belah Tanjung Batu Konawe Kepulauan

Pendakian tak begitu terasa, karena pendaki bakal disuguhkan pemandangan hamparan pepohonan yang memanjakan mata sepanjang perjalanan. Suasana yang sejuk dan asri dari pepohonan akan menemani sepanjang perjalanan.

Menyaksikan keindahan alam di puncak bukit Osu Mohai yang terletak di Desa Leleka, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan. Foto: Fb Fitriani Lutfyah Rahim

 

Sesaimpainya di puncak bukit, jika beruntung, pendaki bisa menyaksikan suasana dan sensasi berada di atas awan, hamparan awan putih yang menutupi semua area puncak dari bukit yang ada di atas puncak osmo ini. Pendaki juga akan disuguhkan oleh pesona sungai Anduna yang dapat disaksikan dengan jarak sekitar 100 meter. Namun, jika ingin menikmati kesegaran airnya, pendaki harus menuruni bukit ke arah barat dari puncak.

Selain itu, apabila cuaca cerah dan tidak tertutup kabut, pendaki dapat menikmati sunset indah yang terbenam dari sela-sela pepohonan. Pada malam hari, Puncak Osu Mohai juga menyuguhkan suasana yang tak kalah apik. Angin sepoi dan dinginnya malam ditemani romantisme gemerlap bintang serta rembulan akan melengkapi pendaki saat menikmati secangkir kopi.

Jika beruntung, saat arunika menampakkan wujudnya di Timur, pendaki juga bakal disuguhkan oleh hamparan awan bergelombang bagaikan ombak di atas udara yang menutupi semua area puncak.

Namun, fenomena alam negeri di atas awan ini tidak selamanya bisa terjadi dan sangat tergantung pada faktor cuaca alam sekitarnya.

Sama halnya dengan siklus alam di puncak lainnya, jika saat sore atau malam hari sedang hujan kecil di sekitarnya, maka fenomena gumpalan awan-awan putih ini bisa nampak dengan sangat jelas saat pagi hari. Namun jika hujan turun dengan sangat deras maka kecil kemungkinan untuk bisa melihat fenomena ini.

Seorang pendaki, Muhammad Usman mengatakan, mengetahui tempat tersebut dari temannya. Selain hobby mendaki, Ia sengaja datang dari Kota Kendari ke Puncak Osu Mohai untuk melepas penat dari tuntutan pekerjaan.

"Secara umum tempatnya bagus, view-nya juga dapat. Dan jarak dari bawah juga lumayan dekat dengan medan yang cukup mudah untuk dilalui baik itu pendaki pemula maupun pendaki profesional. Mungkin setelah ini, akan ke sini lagi," kata Aten, Minggu (28/5/2023).

Bagi kalian yang bingung cari tempat berkemah atau camping, tidak perlu jauh jauh ke puncak lainnya yang serupa. Puncak Osu Mohai mempunyai potensi alam yang luar biasa dan dapat memanjakan mata bagi pengunjungnya.

Baca Juga: Air Terjun Moramo, Pesona Kecantikan Alam yang Memukau Mata

Sementara itu, seorang mahasiswi asal Kota Kendari, Erika Maharani bersama kawan-kawannya mengatakan, mereka datang ke puncak itu untuk menyaksikan keindahan alam ciptaan tuhan dan menenangkan pikiran dari tugas-tugas kampus.

“Karena puncak ini cukup dekat dengan Kota Kendari jadi saya dan teman-teman memutuskan untuk mengisi hari libur kami dengan berkunjung ke sini. Ini bukan kali pertama saya ke sini karena sebelumnya saya juga pernah kesini dan keindahan alamnya membuat saya kembali ke puncak ini,” ujar Erika.

Jika sudah berada di puncak bukit, tetap jaga keasrian dan kebersihan puncak, agar tetap menjadi tujuan penggiat wisata dan dapat meningkatkan minat wisatawan lainnya untuk mengunjungi puncak ini. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga