Menyelami Indahnya Pesona Danau Biru Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 15 Maret 2020
0 dilihat
Menyelami Indahnya Pesona Danau Biru Kolaka Utara
Danau Biru yang terletak di Kabupaten Kolaka Utara, merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara. Foto: Muh. Risal

" Danau Biru banyak dikunjungi karena spotnya yang terbilang unik. Dikelilingi dinding batu yang kokoh berpadu bukit serta rimbunnya pepohonan, menjadi daya tarik tersendiri. "

Danau Biru Kolaka Utara atau masyarakat setempat menamainya "Danau Matandahi" adalah sebuah destinasi wisata menakjubkan yang terletak di ujung Selatan Kabupaten Kolaka Utara.

Sejak diresmikan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara 2017 lalu, Danau Biru yang dulunya diselimuti bukit batu terjal, kini berubah menjadi destinasi wisata favorit yang sering dikunjungi wisatawan lokal, luar daerah, dan wisatawan mancanegara dari Swiss, Jerman, Cina dan Jepang.     

Tidak sulit bagi wistawan untuk mengakses objek wisata ini. Dengan menggunakan jalur transportasi darat dari pusat Kota Lasusua pengunjung bisa tiba di lokasi kurang dari 60  menit.

Walaupun jaraknya yang terbilang jauh dari pusat kota, tepatnya di Desa Walasiho, Kecamatan Wawo, namun keelokannya membuat objek wiasat yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung baik hari libur maupun hari-hari biasa.

Danau Biru banyak dikunjungi karena spotnya yang terbilang unik. Dikelilingi dinding batu yang kokoh berpadu bukit serta rimbunnya pepohonan, menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk sampai ke Danau Biru dari lokasi parkiran yang berjarak 200 meter, pengunjung harus terlebih dulu naik dan menuruni ratusan anak tangga. 

Tak hanya menyuguhkan keindahan di sekeliling danau, di Danau Biru pengunjung juga bisa berenang dan merasakan dinginnya air danau yang rasanya payau berwarna biru jernih dengan kedalaman sembilan meter. 

Di luar danau, wisatawan juga dapat menikmati hamparan pasir putih dan birunya laut Teluk Bone. Wisatawan juga bisa menikmati fasilitas pendukung seperti alat renang, parkiran yang luas, mushallah, kanting, gazebo, kamar mandi dan fasilitas pendukung lainnya.

Yang hobi fotografi tidak usah khawatir, banyak spot keren yang bisa jadi latar untuk mengabadikan setiap momen terindah saat berlibur di tempat ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kolaka Utara, Muhammad Idris, mengungkapkan, Danau Biru yang kini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Walasiho, ke depannya akan menjadi salah satu objek wisata yang medapat prioritas utama dalam proses pengembangan destinasi wisata di Kolaka Utara, termasuk beberapa objek wisata lainnya.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga