adplus-dvertising

Menyerupai Garuda, Ini Desain Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru di Kaltim

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 31 Maret 2021
2051 dilihat
Menyerupai Garuda, Ini Desain Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru di Kaltim
Visualisasi desain Garuda untuk Istana Negara di Kalimantan, tempat ibu kota baru. Foto: Repro Akun Twitter @sociotalker

" Dengan menonjolkan bangunan yang menyerupai Garuda, ternyata terdapat filosofi yang mendalam pada desain tersebut. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Konsep Istana Negara Garuda di Kalimantan, kini sudah banyak tersebar di media sosial. Dengan desainnya yang unik, membuat konsep tersebut menarik perhatian publik.

Dengan menonjolkan bangunan yang menyerupai Garuda, ternyata terdapat filosofi yang mendalam pada desain tersebut.

Dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id, berikut penjelasan konsep Istana Negara Garuda di Kalimantan dari filosofi hingga mencetuskan konsep dan perancang desain ini:


Baca juga: Larangan Mudik, Menteri Perhubungan Siapkan Aturan Pengendalian Transportasi

Filosofi Istana Negara Garuda

Sebenarnya, filosofi dari bentuk dan citra garuda yang nampak pada konsep bangunan tersebut adalah cerminan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan negara yang kuat. Selain itu, desain tersebut juga ingin menyampaikan pesan Bhineka Tunggal Ika, yang selalu terhubung, aktif, dan mudah diakses.

Meski demikian ternyata cukup banyak pihak yang kurang setuju dengan desain konsep dan filosofi tersebut. Di antaranya adalah kalangan arsitek dan pemerhati desain bangunan.

Perancang Desain Istana Negara Garuda

Nama Nyoman Nuarta, yang merupakan seorang pematung yang cukup terkenal di Bali menjadi orang di balik desain tersebut. Desain ini dianggap paling mendekati dengan keinginan pemerintah dalam membangun istana negara yang baru.

Namun demikian, desain tersebut masih merupakan konsep awal yang memerlukan banyak perbaikan dan koreksi. Jadi masyarakat diharapkan tidak buru-buru mencela, karena desain final untuk dieksekusi baru akan ditentukan pada bulan Agustus mendatang. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga