Merasa Keselamatan Terancam, Wakil Ketua DPRD Buton Utara Batalkan Perjalanan Dinas dan Lapor Polisi

Aris, telisik indonesia
Kamis, 07 April 2022
0 dilihat
Merasa Keselamatan Terancam, Wakil Ketua DPRD Buton Utara Batalkan Perjalanan Dinas dan Lapor Polisi
Wakil Ketua DPRD Buton Utara, Sujono (kedua dari kiri) dalam sebuah kegiatan. Foto: Repro Facebook

" Wakil Ketua DPRD Buton Utara (Butur), Sujono, diduga diancam oleh mantan Ketua DPRD Butur, Diwan "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Wakil Ketua DPRD Buton Utara (Butur), Sujono, diduga diancam oleh mantan Ketua DPRD Butur, Diwan.

Sujono menceritakan, dugaan tindak pidana pengancaman terhadap dirinya itu, awalnya karena persoalan pergantian pimpinan DPRD Kabupaten Butur. Ia menambahkan, pengancaman itu berkaitan dengan rekomendasi pergantian pimpinan DPRD Butur yang dikeluarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN).

"Tapi Pak Diwan ini, sasaran pengancamannya itu adalah pimpinan DPR, dalam artian, saya," tutur Sujono yang juga menjabat Ketua Partai Golkar Butur, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu malam (6/4/2022).

Sujono menyebut, dugaan pengancaman terhadap dirinya itu sudah yang kedua kalinya terjadi kepadanya.

Menurut Sujono, ia kurang mengetahui mengapa pimpinan DPRD yang disalahkan atas pergantian Ketua DPRD Butur beberapa waktu lalu.

"Saya juga kurang tahu kenapa pimpinan DPRD yang disalahkan, bukannya internal mereka (PAN), iya kan," ujarnya heran.

Baca Juga: Ini Besaran Nisab Zakat Fitrah dan Zakat Mal 2022 di Butur

Padahal, lanjut Sujono, yang mengeluarkan rekomendasi pergantian pimpinan DPRD Butur itu bukan Partai Golkar, tetapi internal mereka, dalam hal ini DPP PAN.

"Makanya kami juga merasa aneh, kenapa yang menjadi sasaran pengancaman itu adalah saya?," tanyanya.

Sujono mengungkapkan, dugaan pengancaman sudah terjadi dua kali kepada dirinya. Yang pertama pada Februari, ia diancam di kediamannya.

Kata dia, dugaan pengancaman yang pertama itu, dia masih anggap biasa-biasa, dengan harapan berikutnya dirinya tidak lagi diancam.

"Tiba-tiba tadi itu waktu saya mau berangkat ke Kendari perjalanan dinas, di atas kapal itu mengancam lagi. Itu ancamannya luar biasa," ungkapnya.

Ia menerangkan, kata-kata pihak yang diduga mengancam itu, sudah tidak enak ia dengar. Sampai-sampai, kata Sujono, karena dugaan pengancaman terhadap dirinya itu, diapun membatalkan perjalanan dinasnya.

"Akibat pengancaman itu, saya batalkan perjalanan dinasku," ujarnya.

Ia pun langsung melaporkan dugaan tindak pidana pengancaman tersebut ke pihak Kepolisian Resor (Polres) Butur karena dia merasa dirinya sudah tidak aman, karena ancaman itu sudah dua kali terjadi kepada dirinya.

"Saya sudah resmi laporkan beliau itu," pungkasnya.

Sementara itu Wakapolres Butur, Kompol La Umuri mengatakan, mengenai laporan tersebut, akan ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian.

Baca Juga: Belum Diaudit, Bupati Konsel Serahkan LKPJ 2021 ke DPRD

"Kami tindak lanjuti, aduannya baru masuk. Tetap kita tindaklanjuti," pungkas La Umuri dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (7/4/2022).

Diberitakan sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang Penggantian Antar Waktu (PAW) pimpinan DPRD Kabupaten Butur dari Fraksi PAN.

Dari SK yang dikeluarkan DPP PAN tersebut, terungkap, Ketua DPRD Kabupaten Butur, Diwan, digantikan oleh Muh. Rukman Basri Zakariah yang juga menjabat Ketua DPD PAN Butur.

SK tersebut bernomor: PAN/A/KPTS/KU-SJ/597/XII/2021 Tentang Penggantian Antar Waktu Pimpinan DPRD Kabupaten Buton Utara dari Fraksi Partai Amanat Nasional Sisa Masa Jabatan Periode 2019-2024. (B)

Reporter: Aris

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga