Mesin Motor Ini Hanya Ganti Skin, Masih Bisa Lebih Kencang?

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 27 September 2023
0 dilihat
Mesin Motor Ini Hanya Ganti Skin, Masih Bisa Lebih Kencang?
Yamaha R15, (kiri atas), Vixion R, (kanan atas), WR155, (bawah kiri), dan XSR155, (bawah kanan). Foto: Instagram@fardiinkhan,_hi.andreee,horasmotorindrapura,ngelagshoot

" Di dunia otomotif Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menciptakan beragam konsep motor berbeda, dengan dasar mesin yang serupa "

KENDARI, TELISIK.ID - Di dunia otomotif Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menciptakan beragam konsep motor berbeda, dengan dasar mesin yang serupa. Akankah hal itu bisa mempengaruhi kecepatan?

Mereka menjadikan mesin 1-silinder 155 cc berteknologi VVA (Variable Valve Actuation) sebagai fondasi untuk empat model motor yang sama konsepnya. Yamaha Vixion R, Yamaha XSR155, Yamaha R15, dan Yamaha WR155R semua menggunakan mesin yang sama.

Menurut data yang dilihat dari, Yamaha-motor.co.id, Yamaha Vixion R menghadirkan sejumlah spesifikasi mengagumkan. Mesin Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA dengan diameter x langkah 58 x 58.7 mm menghasilkan daya maksimum 14.2 kW pada 10,000 rpm. Sementara torsinya mencapai 14.7 Nm pada 8,500 rpm. Fitur-fitur lain seperti assist & slipper clutch membuatnya semakin menarik.

Baca Juga: Motor Ini Diklaim jadi Raja Sport 150 CC, Salah Satunya Terkencang?

Namun, mesin yang sama juga digunakan dalam motor Yamaha R15 yang memiliki performa superior. Mesin Liquid Cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA dengan kapasitas 155.09 cc menghasilkan torsi puncak 14.7 Nm pada 8,500 rpm dan tenaga maksimal mencapai 19.3 PS pada 10,000 rpm dengan transmisi manual 6-percepatan. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti suspensi upside down, lampu LED, dan panel instrumen digital.

Yamaha R15 tetap menggunakan desain yang sama, meskipun bodinya mengalami perubahan setiap tahun.

"Yamaha R15, meski bodynya setiap tahun ganti baru, tapi mesinnya masih pakai yang lama," ucap pemilik Yamaha R15, Rahim, Rabu (27/9/2023), saat tengah mengecek motor di bengkel kota Kendari.

Bagi pecinta modifikasi, Yamaha XSR 155 merupakan motor yang sangat potensial untuk diubah menjadi model Caferacer atau Bobber. Dengan desain klasik yang sudah dimiliki motor ini, proses modifikasi dapat dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Spesifikasinya mencakup Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA, dengan daya maksimum 14.2 kW pada 10,000 rpm dan torsi maksimum 14.7 Nm pada 8,500 rpm.

Kemudian, Yamaha WR155R adalah pilihan bagi mereka yang suka berpetualang. Motor ini memiliki daya 16.5 hp dengan torsi 14.3 Nm, yang memang lebih rendah dari yang lain, namun sangat cocok untuk medan off-road. WR155R menggunakan sasis semi double-cradle frame yang kokoh, stabil dan nyaman saat melibas medan berat.

Baca Juga: Motor Ini Diklaim Terbaik di Kelas Sport 250 CC

"Motor ini enak kita pakai trabas," ujar seorang penggiat motor adventure, Reynaldi.

Dengan spesifikasi yang mencakup Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA, dan torsi maksimum 14.3 Nm pada 6,500 rpm, motor ini memang dirancang untuk petualangan.

Dalam berbagai model motor Yamaha ini, mesin yang sama menjadi inti dari performa yang luar biasa. Meskipun basis mesin serupa, setiap motor memiliki karakteristik dan keunggulan sendiri-sendiri, sesuai dengan konsep dan tujuannya. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga