Meski Berasap, Motor ini Kembali Digandrungi di Kota Kendari

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 05 Februari 2023
0 dilihat
Meski Berasap, Motor ini Kembali Digandrungi di Kota Kendari
Yamaha F1ZR kembali digandrungi, dilihat dari kelangkaan hingga harga jualnya saat ini bisa menembus belasan juta rupiah. Foto: Ist.

" Ketenaran motor ini tidak hanya sampai pada pegiat balap motor saja, akan tetapi para kolektor motor jadul di Kota Kendari juga memburu Yamaha F1ZR "

KENDARI, TELISIK.ID - Motor Yamaha F1ZR kembali mendapat tempat di hati pecinta motor 2 tak Kota Kendari. Harga second di pasaran bisa menembus belasan juta rupiah. Generasi motor bebek 2 tak Yamaha ini lahir tahun 1992 dan distop produksi pada 2004.

Generasi pertama bernama Yamaha Force 1, generasi kedua bernama Force 1Z dan lebih nyaman disebut F1Z. Kemudian generasi ketiga atau terakhir bernama Force 1 ZR yang lebih dikenal sebagai F1ZR bermesin satu silinder 2 tak berkapasitas 110,4 cc.

Pecinta motor 2 tak ditanah air khususnya di Kota Kendari kembali menggandrungi motor F1ZR bukan tanpa sebab. Kelangkaan dan juga sejarah dari motor ini menambah nilai jualnya menurut para pecinta, komunitas motor, dan juga kolektor motor jadul.

Ajang balap motor daerah seperti road race yang akan dihelat di Kabupaten Konawe bulan Maret mendatang, juga mempertandingkan motor Yamaha F1ZR di kelas 110 cc 2 tak. Menurut informasi dari salah satu mekanik di Kota Kendari, Jamal (24), timnya akan mengikuti ajang tersebut.

Ketenaran motor ini tidak hanya sampai pada pegiat balap motor saja, akan tetapi para kolektor motor jadul di Kota Kendari juga memburu Yamaha F1ZR dengan harga belasan juta rupiah.

Baca Juga: Sepeda Motor Desain Klasik Yamaha Fazzio Banyak Diincar di Kota Kendari

Salah satu kolektor motor antik di Kota Kendari, Septiyansah (37) mengatakan, harga F1ZR bisa menembus Rp 13 juta jika komponen-komponen pendukung atau onderdil masih dalam keadaan utuh.

"Tapi tergantung juga dengan kondisi kelengkapan surat-surat kendaraan berpengaruh dengan harganya," ucap Septiyansah, Minggu (5/2/2023).

Pengguna Yamaha F1ZR akan marak dijumpai di setiap sudut Kota Kendari terutama di kalangan pemuda. Bunyi khas dari motor ini dan asap yang keluar dari knalpot jika sedang dikendarai, menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga: Toyota Innova Zenix Hybrid Segera Hadir, Ini Bocoran Harganya

Salah satu penyuka motor ini, Jasrin (24), baru-baru ini membeli F1ZR dengan harga Rp 13,5 juta. Dia mengatakan, bukan soal harga tapi nilai sejarah dari motor ini.

"Saya teringat waktu masa sekolah SMA dulu pernah saya gunakan dan saya jual," ujar Jasrin.

Nampaknya para pengguna F1ZR yang sedari dulu menggunakan motor ini kemudian menjualnya, bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika melihat dari harga jual kembali motor ini bisa mencapai belasan juta rupiah. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga