Meski Buka Ruang untuk Semua Bakal Calon Bupati Muna Barat, Golkar Prioritaskan Kader, NasDem Tunggu Juknis

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 27 Maret 2024
0 dilihat
Meski Buka Ruang untuk Semua Bakal Calon Bupati Muna Barat, Golkar Prioritaskan Kader, NasDem Tunggu Juknis
Tiga pengurus partai nyatakan memprioritaskan kader pada Pilkada Muna Barat. Foto: Kolase

" Partai Golkar, NasDem dan PDIP Muna Barat memprioritaskan kader untuk diusung sebagai bakal calon kepala daerah "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sekertaris DPC Partai Golkar Muna Barat, La Ode Agus menegaskan bahwa Partai Golkar memprioritaskan kader pada Pilkada Muna Barat 2024.

Partai Golkar memiliki mekanisme tersendiri serta membuka ruang untuk semua calon, yang nantinya akan melakukan penjaringan.

"Pastinya Golkar prioritaskan kader, namun jika salah satu bakal calon mengklaim mendapatkan dukungan dari Partai Golkar, itu sah-sah saja," pungkasnya.

Selanjutnya, salah satu pengurus partai NasDem, LM Syawal mengatakan, DPD Partai NasDem saat ini masih menunggu juknis dari DPP terkait penjaringan dan penyaringan bakal calon bupati.

Untuk itu, pihaknya tidak unjuk-unjuk langsung mendukung bakal calon bupati, tetapi harus melalui beberapa metode yaitu pendaftaran dengan merujuk pada hasil rakernas DPP Partai NasDem pada pilkada baik sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati.

Baca Juga: Pemenang Pemilu 2024, PDIP Pastikan Usung Kader di Pilkada Muna Barat

"Di Kabupaten Muna Barat NasDem memiliki kader yang cukup mempuni untuk diusung di pilkada," tukasnya.

Ia juga menyebut, pihaknya mendukung pemimpin daerah yang mempunyai visi dan misi membangun daerah, bukan penguasa. Artinya, Partai NasDem Kabupaten Muna Barat akan mendukung semua  bakal calon yang sudah membangun komunikasi sembari menunggu regulasi dari DPP Partai NasDem.

Sementara Ketua Badan Pemilu Pemilu DPC PDIP Muna Barat, La Ode Muhamad Wahyudin mengatakan perolehan lima kursi di DPRD Muna Barat menjadikan PDIP bisa langsung mengajukan calon bupati di pilkada nantinya, tentunya ini sesuai UU Pilkada yang mana syarat partai untuk mengajukan calon bupati ialah memiliki 20 persen dari jumlah kursi DPRD Muna Barat yakni sebanyak 4 kursi.

Baca Juga: Kembali Tarung di Pilkada Muna, Kali Ini Rajiun Tumada Optimis Menang

Dari hasil perolehan kursi DPRD tersebut, PDIP memastikan bahwa dalam pilkada nanti akan mengusungkan kader sebagai calon bupati sebab PDIP memiliki kader potensial yang siap bertarung di Pilkada Muna Barat.

Kader potensial itu yakni Fajar Hasan, Al Munardin, Muhamad Mahmud, Made Wastawa, Rafiudin, dan lainnya, sehingga PDIP tidak akan mengusungkan kader menjadi calon wakil bupati.

"Tergantung siapa yang mendapatkan rekomendasi DPP, intinya saat ini PDIP punya banyak stok kader potensial," ujarnya, Rabu (27/3/2024). (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga