Meski di Tengah Pandemi, Bank Sultra Terus Tumbuh

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 06 Juli 2021
0 dilihat
Meski di Tengah Pandemi, Bank Sultra Terus Tumbuh
Hayati Hasan (Direktur Pemasaran), Abdul Latif (Direktur Utama), Hariyanto (Direktur Kepatuhan). Foto: Ist.

" Bank Sultra kembali berhasil mencetak laba tahun berjalan sebelum pajak pada triwulan kedua tahun 2021 ini sebesar Rp 191 miliar atau meningkat 3,22% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 185 miliar. "

KENDARI, TELISIK.ID - Bank Sultra kembali berhasil mencetak laba tahun berjalan sebelum pajak pada triwulan kedua tahun 2021 ini sebesar Rp 191 miliar atau meningkat 3,22% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 185 miliar.

Selain itu, kinerja yang baik juga tercermin dari pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), Total Kredit, hingga angka Non-Performing Loan (NPL) yang senantiasa terjaga dengan baik.

Kepercayaan besar masyarakat untuk menyimpan uang di Bank Sultra dan masih baiknya arus likuiditas perbankan turut mendorong pertumbuhan DPK. Di triwulan kedua tahun 2021, total DPK Bank Sultra tumbuh sebesar 11% yaitu sebesar Rp 8,3 triliun meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 7,5 triliun.

 

Fasilitas pinjaman kepada Pemerintah Daerah. Foto: Ist.

 

Pertumbuhan positif juga terjadi pada sektor kredit yang merupakan ujung tombak utama perseroan dalam mendongkrak pendapatan. Sektor kredit tumbuh sebesar 8,46% atau sebesar Rp 7,3 triliun meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 6,7 triliun.

Kredit Multiguna, Investasi, dan Modal Kerja menjadi penopang pertumbuhan kredit.

Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif mengatakan, capaian positif ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah provinsi/kabupaten/kota dan masyarakat kepada Bank Sultra sehingga dapat konsisten memberikan layanan terbaik.

Baca juga: Penyaluran APBN Lewat KPPN Kendari Capai Target Nasional

Baca juga: Ini Penyebab Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Negatif Versi Komisi XI

Walaupun tidak dipungkiri lemahnya perekonomian nasional karena dampak COVID-19 turut berpengaruh khususnya pada pertumbuhan kredit. Namun pihaknya tetap optimis untuk memberikan kontribusi dalam mendukung roda perekonomian di Sultra.

"Dan alhamdulilah Bank Sultra mampu mewujudkan komitmen tersebut. Melalui capaian ini kami harapkan dapat memberikan keyakinan positif kepada masyarakat dan investor terhadap kinerja Bank Sultra di masa yang akan datang," ungkapnya, Selasa (6/7/2021).

 

Tabel distribusi dividen kepada pemegang saham Bank Sultra Tahun Buku 2020. Foto: Ist.

 

Latif menambahkan, strategi untuk menopang laju pertumbuhan bisnis telah direncanakan untuk menghadapi berbagai situasi. Seluruh aktivitas bisnis yang dijalani selaras dengan semangat meningkatkan kualitas pelayanan.

"Hal ini juga merupakan komitmen kami dalam mengoptimalisasi potensi pertumbuhan usaha di samping juga mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah untuk mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional," tambahnya.

Dari sisi pengembangan layanan di tahun 2021 ini, untuk mendorong penghimpunan dana murah dari masyarakat khususnya tabungan.

"Insya Allah setelah izin kami dapatkan dari regulator, segera kami akan mengadakan launching," pungkasnya.(C-Adv)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga