Meski Ikut Keyakinan Suami, Mualaf Asal Kota Kendari Ini Serius Belajar Islam

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
Meski Ikut Keyakinan Suami, Mualaf Asal Kota Kendari Ini Serius Belajar Islam
Suci (28) memutuskan untuk masuk Islam mengikut keyakinan sang suami dan belajar banyak hal tentang Islam. Foto: Repro Islampos.com

" Suci resmi menjadi seorang muslimah setelah mengucapkan kalimat syahadat pada November 2021, dan serius mempelajari Islam meskipun dia mualaf karena mengikuti keyakinan suami "

KENDARI, TELISIK.ID – Setiap mualaf punya perjalanannya masing-masing dalam menemukan hidayah Islam. Tak sedikit dari mereka mengenal Islam melalui ikatan pernikahan dari pasangan muslimnya.

Kisah tersebut sama halnya dengan Suci (28), warga Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, yang belum lama memutuskan menjadi seorang mualaf. Suci resmi menjadi seorang muslimah setelah mengucapkan kalimat syahadat pada November 2021 lalu.

Kepada Telisik.id Suci bercerita, dirinya memeluk Islam mengikut keyakinan sang suami. Ia sendiri mengenal suami dari temannya. Lima tahun menjalin kasih, keduanya akhirnya memutuskan untuk serius ke jenjang pernikahan.

Sebelum menikah, Suci banyak dikenalkan dengan Islam, mulai dari ibadah salat, doa sehari-hari, hingga puasa. Suci belajar kalimat syahadat kata per kata, ia pertama kali mengucapkannya di rumah, sebelum akhirnya mengucap kembali di Masjid Al-Kautsar dengan disaksikan puluhan orang.

Setelah resmi menyandang status muslimah, Suci mengungkapkan perasaannya saat itu haru dan tak bisa dijelaskan dengan kata-kata.

Baca Juga: Benci Islam, Wanita Ini Justru Mualaf

Suci sendiri tumbuh dan mengenal toleransi beragama dari sanak saudaranya yang berbeda keyakinan. Meski sempat ditentang, orang tua Suci perlahan luluh dan menerima keputusan putrinya itu.

Meski mengikut keyakinan suami, Suci mengaku tak pernah dipaksa untuk masuk Islam. Keputusannya murni dari dalam hatinya sendiri.

“Dan memang sih dari diri saya sendiri memang sudah ada niat ikut suami tapi kan harus diyakinkan juga,” katanya melalui pesan WhatsApp.

Bagaikan bayi yang baru lahir, Suci berproses dan belajar untuk menjadi seorang muslimah seutuhnya. Ia mengaku menyukai semua ajaran Islam, khususnya ajaran menutup aurat.

Ia juga mengaku sedang belajar untuk menutup aurat sejak bulan Ramadan kemarin dan berusaha untuk istiqamah. Menurutnya perempuan yang berhijab terlihat cantik dan sejuk dilihat.

Suci juga bermimpi bisa pergi ke tanah suci menjadi tamu Allah untuk menjalankan umrah. Tujuan hidupnya sebagai seorang muslim saat ini ingin menjadi manusia yang lebih baik dan taat akan ajaran-ajaran Allah.

Baca Juga: Wanita Ini Jadi Mualaf Gegara Lumpia

Dilansir dari Wikipedia.org, mualaf biasanya datang dengan berbagai alasan, yaitu:

1. Pernikahan: Mualaf dari pernikahan ada sekitar 68 persen.

2. Belajar dan menemukan secara keilmuan: Mualaf ini biasanya dasarnya adalah pelajar, atau mereka cendikia yang memang dari akademisi, mereka menemukan hidayah setelah mereka belajar dan mempelajari Islam, ada sekitar 20 persen mualaf yang dari kategori ini.

3. Hidayah langsung: Mualaf disebabkan karena mimpi, bangun dan tersadar dari koma, nazar atau niat berpindah agama jika niatnya terkabulkan, dan beberapa hal lain, ada sekitar 12 persen mualaf dengan alasan ini. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga