adplus-dvertising

Meski Kalah dari Malaysia, Kamboja Usung Modal Penting Lawan Timnas Indonesia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 Desember 2021
486 dilihat
Meski Kalah dari Malaysia, Kamboja Usung Modal Penting Lawan Timnas Indonesia
Skuad Timnas Indonesia dan Kamboja. Foto: Repro google.com

" Bagi Skuad Garuda, laga kontra Kamboja akan membuka langkah dalam upaya meraih gelar perdana di Piala AFF 2021 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Meski Timnas Kamboja menelan kekalahan 1-3 dari Malaysia pada laga perdana di grup B, namun Kamboja punya catatan penting untuk pertandingan selanjutnya, termasuk melawan Timnas Indonesia.

Mengutip cnnindonesia.com, salah satu catatan penting bagi Kamboja saat melawan Timnas Malaysia adalah penguasaan bola yang baik.

Hal tersebut pun menjadi modal penting bagi Kamboja jelang melawan Timnas Indonesia dalam laga lanjutan grup B Piala AFF 2021, Kamis (9/12/2021) mendatang.


Saat melawan Malaysia pada laga perdana di grup B, Kamboja sempat tertinggal 0-3 sebelum tendangan penalti Sath Rosib memperkecil skor jadi 1-3 yang bertahan hingga babak kedua selesai.

Baca Juga: Yuk, Intip Persiapan Timnas Indonesia di Piala AFF Jelang Laga Perdana Lawan Kamboja

Kekalahan itu diakui mengecewakan oleh pelatih Kamboja, Ryo Hirose. Namun, juru racik formasi Kamboja itu melihat hal positif dari kekalahan anak asuhnya yang mampu menguasai bola dengan baik.

Meski kalah, Kamboja unggul penguasaan bola dengan 56,9 persen berbanding 43,1 persen. Kamboja juga unggul jumlah operan dengan 361 operan berbanding 267 operan yang dibuat Malaysia.

Keunggulan lain yang dibukukan Kamboja yaitu soal persentase operan yang lebih baik ketimbang Malaysia. Persentase operan sukses Kamboja mencapai 85 persen berbanding 82 persen yang dibuat Malaysia.

"Ini kekalahan yang mengecewakan tetapi saya pikir kami bermain baik dan bisa menguasai bola dengan baik melawan tim kuat seperti Malaysia," ujar Hirose.

"Jelas kami tidak akan menyerah dan kami melihat banyak hal bagus sepanjang pertandingan. Kami bisa menjaga prinsip dasar kami yaitu menjaga penguasaan bola, sesuatu yang tidak mampu kami lakukan sebelumnya."

Kamboja akan menghadapi Timnas Indonesia dengan waktu pemulihan kondisi yang singkat usai melawan Malaysia.

Sementara bagi Skuad Garuda laga kontra Kamboja akan membuka langkah dalam upaya meraih gelar perdana di Piala AFF 2021.

Baca Juga: Piala AFF 2020: Ini Jadwal Laga Timnas Indonesia

Mengutip kompas.com, pertandingan Skuad Garuda vs Kamboja dijadwalkan berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, pada Kamis (9/12/2021).

Adapun total pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2020 berjumlah 30 orang.

Jadwal timnas Indonesia di Piala AFF 2020 terbilang sangat berat. Pesaing timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020 adalah Laos, juara bertahan Vietnam, dan negara tetangga sekaligus rival abadi, Malaysia. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga