Miliki Ornamen Terlengkap, Gua Laumehe Khas dan Unik

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 12 Oktober 2022
0 dilihat
Miliki Ornamen Terlengkap, Gua Laumehe Khas dan Unik
Gua Laumehe yang terletak di Desa Wantopi, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, menjadi gua dengan keindahan ornamennya yang lengkap. Foto: Ist.

" Gua Laumehe memiliki ornamen terlengkap, berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dari UGM "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Gua Laumehe yang terletak di Desa Wantopi, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, memiliki keindahan yang khas dan unik, yang terletak pada keindahan ornamennya.

Kepala Dinas Pariwisata Buton Tengah, Usman Mblosi menjelaskan, Gua Laumehe memiliki ornamen terlengkap, berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dari UGM.

"Gua Laumehe terlengkap dari segi ornamen di dalam, itu menurut peneliti dari UGM maupun dari manca negara," ungkapnya, Rabu (12/10/2022).

Ia menambahkan, Gua Laumehe terkenal penuh dengan tantangan. Pengunjung dapat menelusuri gua hingga ke bagian terdalam yang jaraknya mencapai 86 meter.

Baca Juga: 7 Wisata Dingin di Indonesia, Ada Sulawesi

"Bagi pengunjung yang hendak berwisata di gua ini agar menyiapkan peralatan yang lengkap serta membawa penerang. Di dalam gua terdapat kolam berisi air namun tidak begitu luas," bebernya.

Kata dia, hingga saat ini respons pemerintah daerah dalam hal ini Pj Bupati Buton Tengah terhadap pengembangan wisata sangat baik, sebab sektor pariwisata termasuk program unggulan yang nantinya akan menjadi destinasi wisata berbasis koperasi.

Baca Juga: Keindahan Punden Rejo Deli Serdang, Objek Wisata yang Sajikan Nuansa Alam

Rencananya, pemerintah akan membangun hotel bintang lima di sekitar lokasi Gua Laumehe, agar wisatawan bisa menginap saat berwisata di tempat ini.

Selain itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Muh Said menjelaskan, Gua Laumehe ini termasuk destinasi wisata kategori gua kering.

"Menyajikan keindahan ornamen kars berupa stalakmit dan stalaktit yang padat dan  jumlahnya cukup banyak," tukasnya. (B)

Penulis: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga