adplus-dvertising

Minibus yang Hendak ke Kedukaan Masuk Jurang, Satu Tewas

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Sabtu, 15 Januari 2022
813 dilihat
Minibus yang Hendak ke Kedukaan Masuk Jurang, Satu Tewas
Sebuah Minibus masuk jurang di Toraja Utara, satu penumpangnya meninggal. Dok: Unit Laka Lantas Polres Toraja Utara

" Sebuah mobil minibus terjun ke jurang di Lembang Awan, Kecamatan Awan, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) "

TOROJA UTARA TELISIK.ID - Sebuah mobil minibus dengan nomor polisi DP 1713 YZ terjun ke jurang di Lembang Awan, Kecamatan Awan, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Minibus yang mengangkut beberapa warga yang hendak menuju acara Rambu Solo (acara kedukaan) terjun ke jurang sedalam 30 meter, warga yang berada sekitar lokasi  berusaha mengevakuasi penumpang, namun kondisi medan yang sulit membuat proses evakuasi berjalan dramatis dan memakan waktu yang cukup lama.

Dalam kejadian ini membuat salah seorang korban meninggal dunia bernama Aser Kumpa (55). Proses evakuasi yang dilakukan oleh personel Kepolisian Polres Toraja Utara, Kodim 1414 Tana Toraja dan dibantu warga sedikit mengalami hambatan karena medan yang tidak mendukung dan cuaca sedang hujan. sementara korban luka lainnya dilarikan ke Puskesmas Awan untuk mendapatkan pertolongan.


Maldianus, sopir mobil yang mengendarai mobil tersebut mengatakan, rombongan mereka tengah menuju ke Dusun Sangpiak di Lembang Awan untuk menghadiri prosesi pemakaman salah satu keluarganya (Rambu Solo).

“Pada saat mobil berpapasan dengan anak sekolah yang sedang berjalan kaki di jalan sempit saya kaget dan hilang kendali, sudah tidak bisa dihindari, mobil langsung terjun ke jurang, salah satu penumpang Aser Kumpa sudah meninggal dunia,” kata Maldianus.

Baca Juga: IRT Tewas Dalam Kecelakaan Maut di Kupang, Dua Anaknya Selamat

Setelah mendapat pertolongan pertama, para korban kemudian dirujuk ke rumah RSUD Lakipada Tana Toraja untuk mendapat perawatan intensif, sementara korban yang meninggal dunia langsung dibawa pihak keluarga ke Masanda.

Baca Juga: Tersangka Meninggal, Kasus Dugaan Cabul Dihentikan

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Awan Rantekarua, Oktovianus Datulinggi yang ikut membantu warga melakukan proses evakuasi mengatakan, jika proses evakuasi agak berjalan lambat karena posisi korban berada dalam jurang tidak jauh dari posisi mobil terjun.

“Ada penumpang kalau tidak salah 9 orang, 1 orang meninggal dunia yaitu Aser Kumpa, sementara istrinya juga mendapat perawatan intensif, korban lain saat ini di Puskesmas Awan dan ada yang dirujuk ke RSUD Lakipadada,” kata Oktovianus via WhatsApp.

Kapolsek Rindingallo, AKP Martinus Pararuk, membenarkan peristiwa tersebut yang menelan satu orang meninggal dunia setelah mobil terjun ke jurang dan sempat dilarikan ke Puskesmas.

"Iya benar, satu oang tewas dalam peristiwa tersebut akibat mobil terjun ke jurang yang terjadi Jumat (14/1/2022), sore jelang magrib,” tutup  Martinus. (A)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Kardin

Baca Juga