Minum Kopi dapat Turunkan Berat Badan, Benarkah Efektif?

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Sabtu, 04 Juni 2022
0 dilihat
Minum Kopi dapat Turunkan Berat Badan, Benarkah Efektif?
Kafein dalam kopi dapat turunkan berat badan, namun juga memiliki efek yang tak menyenangkan bagi tubuh. Foto: Repro Klikdokter.com

" Sebuah studi di tahun 2018 menemukan bahwa peserta yang minum berbagai takaran kopi selama dua bulan memiliki metabolit yang lebih besar "

KENDARI, TELISIK.ID - Kopi biasanya diminum  untuk membantu konsentrasi serta menambah energi kita saat bekerja maupun melakukan aktivitas lainnya.

Bahkan belakangan ini banyak juga orang yang meminum kopi sebagai cara untuk diet atau menurunkan berat badan. Lantas benarkah kopi dapat menurunkan berat badan? Benarkah efektif?

Mengutip dari Republika.co.id, kopi mengandung nutrisi seperti niasin, potasium, magnesium, dan antioksidan. Zat tersebut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan mengarah pada kesehatan jantung yang lebih baik.

Kopi juga mengandung kafein, yang meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Metabolisme adalah proses di mana tubuh memecah nutrisi dan menggunakan kalori makanan sepanjang hari.

Sebuah studi kecil tahun 2018 menemukan bahwa peserta yang minum berbagai takaran kopi selama dua bulan memiliki metabolit yang lebih besar, produk metabolisme.

Metabolisme yang lebih tinggi atau lebih cepat akan memungkinkan Anda untuk membakar lebih banyak kalori saat istirahat atau selama aktivitas fisik , yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Pasutri Perlu Tahu, Ini Tips Bercinta Agar Istri Cepat Hamil

Namun meski begitu, tetaplah ingat untuk tidak mengomsumsinya secara berlebihan. Karena apabila kelebihan kafein, dapat menimbulkan reaksi yang tak menyenangkan pada tubuh.

Melansir Hellosehat.com, reaksi terhadap konsumsi kafein berlebih pada diri seseorang memiliki dampak yang bervariasi. Namun secara umum, berdasarkan tingkat keparahannya, BPOM membaginya jadi 3 tingkat di bawah ini.

1. Keracunan kafein tingkat ringan akan menimbulkan gejala mual dan sulit tidur.

2. Keracunan kafein tingkat sedang, Anda akan merasakan gelisah, muntah hingga peningkatan tekanan darah.

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Penyebab Sariawan, Salah Satunya karena Stres

3. Keracunan kafein tingkat berat akan menyebabkan Anda muntah parah berkepanjangan hingga kejang.

Berdasarkan jangka waktu konsumsinya, mengonsumsi kafein sekali minum dan dalam jumlah yang melebih dosis yang dianjurkan dapat menyebabkan perasaan sangat gelisah, halusinasi, denyut jantung lebih cepat, hingga demam.

Konsumsi kafein secara terus-menerus pada orang dewasa dapat menyebabkan perasaan gugup, cemas, gelisah, hingga tremor (gemetar pada anggota tubuh di luar kemauan). Reaksi kopi tersebut tentu bisa mengganggu program diet untuk sebagian orang. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga