Minuman Tradisional Indonesia Ini Masuk Daftar UNESCO

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 07 Desember 2023
0 dilihat
Minuman Tradisional Indonesia Ini Masuk Daftar UNESCO
Minuman tradisional Indonesia, jamu, masuk dalam daftar UNESCO. Foto: Repro Detik.com

" Jamu Indonesia resmi masuk Warisan Budaya Takbenda (WBTb) UNESCO. Total Indonesia mencatatkan 13 Warisan Budaya Takbenda di UNESCO "

KENDARI, TELISIK.ID - Minuman tradisional Indonesia, jamu, masuk dalam daftar UNESCO. Jamu Indonesia resmi masuk Warisan Budaya Takbenda (WBTb) UNESCO. Total Indonesia mencatatkan 13 Warisan Budaya Takbenda di UNESCO.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap upaya pelestarian jamu sebagai budaya untuk kesehatan yang dilakukan berbagai pihak sejak lama.

"Terima kasih kepada seluruh pendukung budaya sehat jamu baik di dalam negeri maupun luar negeri, produsen, para peramu dan peracik, penjual, peneliti, komunitas, pengusaha, serta penikmat khasiat jamu yang telah bersama-sama menghidupkan ekosistem budaya kesehatan jamu seperti saat ini," tuturnya, dikutip dari Detik.com.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada UNESCO yang telah menetapkan jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda. Penetapan ini akan memperkuat upaya Indonesia untuk melindungi dan mengembangkan jamu sebagai warisan budaya, serta berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan global," kata Nadiem secara online dalam forum sidang ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Kasane, Republik Botswana, Rabu (6/12/2023).

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid menuturkan, jamu adalah ramuan obat tradisional asli Indonesia yang dibuat dari bahan-bahan alami untuk pencegahan, pengobatan, pemulihan, dan pemeliharaan kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga: UNESCO Kembali Tetapkan Taman Nasional Wakatobi Sebagai Cagar Biosfer Bumi

Jamu merupakan salah satu warisan ilmu pengetahuan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang sudah disebutkan dalam relief, primbon, prasasti, dan kitab-kitab lama Nusantara.

"Kita pernah mengalami momen ketika kehidupan seperti berada pada titik terendah ketika pandemi melanda. Tapi ternyata, produk kebudayaan bernama jamu ini menjadi salah satu resep yang menyembuhkan, menguatkan, dan menyatukan kita," jelas Hilmar.

Jamu sendiri selain dikenal sebagai minuman tradisional, minuman khas Indonesia ini juga memiliki segudang manfaat seperti: mengatasi konstipasi, menjaga kesehatan tulang, meredakan nyeri, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan sebagainya seperti dilansir dari Alodokter.com.

Dengan demikian, sudah ada 13 warisan budaya Indonesia masuk daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO di antaranya:

Baca Juga: 6 Produk Indonesia Ini Bakal Diusulkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO 2022

1. Wayang (2008)

2. Keris (2008)

3. Batik (2009)

4. Pendidikan dan Pelatihan Membatik (2009)

5. Angklung (2010)

6. Tari Saman (2011)

7. Noken (2012)

8. Tiga Genre Tari Bali (2015)

9. Kapal Pinisi (2017)

10. Tradisi Pencak Silat (2019)

11. Pantun (2020)

12. Gamelan (2021)

13. Jamu (2023). (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga