Minyak Goreng di Kendari Masih Langka, Dewan Segera Sidak Lapangan

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Rabu, 23 Februari 2022
0 dilihat
Minyak Goreng di Kendari Masih Langka, Dewan Segera Sidak Lapangan
Minyak goreng yang saat ini sedang mengalami kelangkaan dan menuai reaksi DPRD Kota Kendari Untuk melakukan sidak lapangan. Foto: Musdar/Telisik

" Pihaknya telah merancang untuk melakukan sidak dan operasi pasar secepatnya di minggu ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Belakangan ini masyarakat di Kota Kendari mengeluhkan sulitnya mendapatkan minyak goreng di pasaran. Hal itu menuai reaksi dari DPRD.

Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Andi Sulolipu mengatakan, pihaknya akan melakukan sidak di lapangan untuk melakukan pengecekan langsung terhadap minyak goreng.

"Namun saya masih menunggu, karena dalam waktu dekat ini akan ada pertukaran Alat Kelengkapan Dewan (AKD), makanya saya belum bisa berbicara," katanya, Rabu (23/2/2022).

Meski demikian, ia menyampaikan, pihaknya telah merancang untuk melakukan sidak dan operasi pasar secepatnya di minggu ini.

"Pak ketua DPRD langsung yang meminta saya untuk melaksanakan operasi dan sidak pasar, namun saya sampaikan ke beliau untuk menunggu sampai pengaturan AKD selesai, dan biar menjadi tugas komisi II berikutnya," ujarnya.

Ia mengaku, telah berkomunikasi dengan pihak Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Perindagkop) Kendari, jika akan ada stok minyak subsidi dari pemerintah pusat yang akan datang pada akhir Maret mendatang.

"Tapi itu datangnya ke distributor dan ada enam distributor. Nah ke enam distributor inilah yang nantinya akan kita sidak, apakah benar didistribusikan langsung ke pasar dan apakah dengan ini bisa menormalkan. Tapi kalau tidak, kita akan lakukan operasi pasar untuk menormalkan kembali minyak," jelasnya.

Baca Juga: Harga Masih Mahal, Warung Eceran di Kendari Tak Jual Minyak Goreng

Senada, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Sahabuddin mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kabid perdagangan terkait dengan persoalan kelangkaan minyak goreng di Kota Kendari.

"Dan hasilnya akan ada subsidi dari pemerintah pusat di daerah yang memang itu disertakan di seluruh Indonesia pada Maret mendatang," ucapnya

Lanjut pihaknya juga meminta kepada Disperindag untuk melakukan monitoring ke distributor minyak di Kota Kendari agar subsidi itu bisa tepat sasaran dan tidak ada penimbunan.

Baca Juga: Polisi Ungkap Penyebab Kelangkaan Minyak Goreng di Sultra

"Apalagi kita akan menghadapi bulan suci Ramadhan, tentu permintaan minyak di pasaran akan meningkat. Kita harapkan agar pada bulan suci Ramadhan nanti persoalan minyak goreng ini tidak menjadi langkah lagi," tutupnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Kambu, Kota Kendari, Aminah (37) berharap, kelangkaan minyak secepatnya bisa teratasi.

"Apa lagi anak-anak di rumah itu, lebih suka makanan-makanan yang digoreng, lebih enak katanya mereka," ucapnya. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga