Misteri Mahkluk Jadi-jadian, Cahaya Merah Melayang di Sekitar Gunung Takawa Kabupaten Buton

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 06 Juli 2023
0 dilihat
Misteri Mahkluk Jadi-jadian, Cahaya Merah Melayang di Sekitar Gunung Takawa Kabupaten Buton
Cahaya merah yang terlihat seperti api membara, dengan pantulannya jelas terlihat di laut gelap. Foto: Ist.

" Minggu malam yang seharusnya tenang di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, mendadak menjadi gempar ketika warga yang sedang berkumpul di sebuah kedai Leter menyaksikan penampakan mistis "

KENDARI, TELISIK.ID - Minggu malam yang seharusnya tenang di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, mendadak menjadi gempar ketika warga yang sedang berkumpul di sebuah kedai Leter menyaksikan penampakan mistis.

Sebuah cahaya merah membara melayang di langit dan terpantul jelas di permukaan laut yang gelap gulita.

Kejadian itu tepat di depan Rujab Bupati Buton di Kecamatan Pasarwajo. Warga yang sedang menikmati suasana malam sambil menikmati pertama turun di laut dan keindahan Gunung Takawa, menjadi saksi dari fenomena yang tak lazim itu, sekitar pukul 21.00 Wita.

Baca Juga: Mistik: Gelang Akar Bahar yang Konon Bisa Tangkal Santet

Di daerah Sulawesi Tenggara sendiri, masyarakat menyebutnya dengan sebutan la kua-kua, popo dan kabuna, merujuk pada makhluk jadi-jadian.

"Orang-orang di sekitar sadar akan kemunculan makhluk itu, tapi sudah menjadi hal yang biasa bagi kami," ucap salah seorang warga setempat, Febriyani saat dihubungi via seluler, Kamis (6/7/2023).

Kesaksian Febriyani itu sejalan dengan pengakuan seorang pedagang gorengan lainnya yang mengatakan hal serupa. Mereka telah lama mengenal fenomena itu dan sudah terbiasa dengan keberadaan makhluk jadi-jadian tersebut.

Sementara itu, Dita yang berniat menghabiskan malamnya di tempat tersebut, mengungkapkan, "Setiap malam, makhluk ini selalu muncul. Kami sudah menganggapnya sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari di sini," ungkapanya.

Kesaksian Dita itu memberikan gambaran, jika fenomena tersebut terjadi secara rutin dan menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat setempat.

Berdasarkan video yang diterima Telisik.id dengan durasi 41 detik, jelas memperlihatkan cahaya merah menyala beberapa saat, hingga cahaya tersebut redup, lalu muncul kembali dari arah yang berlawanan.

Lebih jauh lagi, mahluk seperti itu serupa dengan yang ada di daerah Jawa, yaitu Banaspati. Dirangkum telisik.id dari wikipedia, Banaspati adalah mitos hantu atau roh jahat yang berwujud seperti api dan memiliki elemen utama api.

Baca Juga: Mistik: Kepiting Masuk Kios Pertanda Ada Tuyul di Sekitar Kita

Bentuknya dapat berubah menjadi bola api atau pusaran api yang menyala-nyala. Entitas mistis ini dikatakan dapat terbang rendah dari satu tempat ke tempat lain dengan muncul sebagai bola api atau pusaran api yang menyala.

Beberapa penganut kebatinan bahkan mempercayai bahwa Banaspati merupakan ilmu santet tingkat tinggi yang juga memiliki kemampuan untuk membalas santet yang datang. Kabarnya, Banaspati akan membakar manusia yang berani mengusiknya. Mitos ini sering ditemukan di daerah Pulau Jawa dan Kalimantan, Indonesia.

Dalam konteks kejadian cahaya merah melayang di sekitar Gunung Takawa, sulit untuk memastikan apakah fenomena tersebut benar-benar berkaitan dengan Banaspati atau merupakan entitas lain yang masih menjadi misteri. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga